Ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar gratis untuk sementara

id Pemerintah Provinsi Riau,Tol pekanbaru bangkinang, tol bangkinang

Ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar gratis untuk sementara

Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar yang segera beroperasi secara gratis. (ANTARA/HO-HK)

Pekanbaru (ANTARA) - Direktur Utama PT Hutama Karya (PT HK) Budi Harto mengatakan bahwa jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis namun sebelumnya harus dilakukan cleaning area untuk memastikan jalur itu aman untuk dilalui.

"Open traffic perdana Jumat (31/5) tepat pukul 15.00 WIB. Pengguna jalan tol diharapkan untuk tetap melakukan tapping kartu uang elektronik dan diharapkan terus memantau informasi terkini melalui akun resmi Instagram jalan tol Hutama Karya @HutamaKaryaTollRoad," kata Budi Harto kepada media, Jumat (31/5).

Budi menyebutkan dari sisi fasilitas struktur, jalan tol ini dilengkapi delapan unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian ditambah box culvert, 3 overpass dan 2 gerbang tol. Jumlah lajur pada tahap awal 2x2, dengan kecepatan kendaraan adalah 80 km/jam.

Sebelumnya, jarak tempuh ini perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20-30 menit. Sementara itu dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 jam menjadi 1,5 jam.

"Keberadaan jalan bebas hambatan ini bermanfaat ganda sekaligus mampu meningkatkan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat. Menstimulus perekonomian kedua daerah itu melalui kemudahan akses ke berbagai tempat wisata dan menumbuhkan ekonomi jalur perdagangan dari Provinsi Riau menuju Sumatera Barat," kata Budi.

Pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sendiri berbiaya Rp4,83 triliun dengan waktu pengerjaan selama lima tahun. Jalan tol ini tuntas uji laik fungsi pada April 2024 dan telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat itu pada Jumat (31/5).Tol yang diresmikan itu berada di XIII Koto Kampar pada seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1.

Saat peresmian selain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Presiden juga didampingi Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan beberapa pejabat tinggi negara dan daerah.