BBPOM di Pekanbaru latih kader keamanan pangan desa di Kepulauan Meranti

id bbpom, bbpom pekanbaru,kkpd,kepulauan meranti

BBPOM di Pekanbaru latih kader keamanan pangan desa di Kepulauan Meranti

Para peserta pelatihan. (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru melatihKader Keamanan Pangan Desa (KKPD) di Kabupaten Kepulauan Meranti yang diikuti Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Puskesmas Alai, Puskesmas Alah Air, Puskesmas Anak Setatah, Kepala Desa, Sekretaris Desa pada 27-28 Juni 2022.

Kegiatan dua hari itu juga dihadiri kader masyarakat, kader sekolah dan kader keluarga yang berasal dari Desa Banglas, Desa Mekong dan Desa Sialang Pasung.

Kepala BBPOM di PekanbaruYosef Dwi Irwan dalam kesempatan tersebut berharap akan terbentuk sumber daya manusia yang kompeten dalam melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa demi mewujudkan tujuan dari Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca juga: Komite Akreditasi Nasional (KAN) lakukan uji lapangan di laboratorium BBPOM Pekanbaru

Selain itu, para Kader Keamanan Pangan Desa dapat menjadi agen keamanan pangan serta melakukan pendampingan penerapan keamanan pangan terhadap berbagai komunitas di desa masing-masing sehingga mereka dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dengan didampingi oleh BBPOM di Pekanbaru.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Bapak Muhammad Fahri pada kesempatan itu menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Program Desa Pangan Aman dan harapan akan diraihnya prestasi-prestasi terbaik di tingkat nasional nantinya.

Pada pelatihan tersebut juga dilakukan penyerahan alat uji cepat (test kit) empat bahan kimia berbahaya pada pangan yaitu formalin, boraks, metanil yellow dan rhodamin B kepada ketiga desa tersebut. Para KKPD juga dilatih melakukan pengujian bahan berbahaya dengan menggunakan alat uji cepat tersebut.

Selain itu, dilakukan juga pelatihan dan praktek micro teaching kepada para kader dengan harapan agar KKPD mendapatkan kompetensi yang baik dalam melakukan penyuluhan mengenai keamanan pangan kepada masyarakat nantinya.

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru latih kader desa terkait keamananpangan di Rokan Hilir

Baca juga: Pengunjung capai 692 orang BBPOM di Pekanbaru, juara I stand favorit