Pemkot Pekanbaru Matangkan Lahan Sentra Perajin Rotan

id pemkot pekanbaru, matangkan lahan, sentra perajin rotan

Pemkot Pekanbaru Matangkan Lahan Sentra Perajin Rotan

Pekanbaru, 12/9 (antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, mematangkan lahan untuk proyek sentra perajin rotan di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir dengan mengunakan dana APBD 2014.

"Lahan seluas 3,1 hektare di Rumbai itu sudah diratakan dan dalam waktu dekat dibangun sentra perajin sebagai lokasi promosi dan penjualan," kata Asisten II Sekda Pemkot Pekanbaru Dorman Djohan di Pekanbaru, Kamis.

Dorman mengatakan, bila sentra tersebut terwujud maka merupakan promosi terbaik dan dapat dikenal oleh para tamu yang datang ke Pekanbaru.

Selama ini, para perajin rotan di Kota Pekanbaru menjual aneka produk yang letaknya terpencar ada di Sukajadi, Marpoyan Damai dan mayoritas di Jalan Yos Sudarso, Rumbai Pesisir.

Para perajin tersebut, katanya, nantinya akan dikumpulkan pada suatu tempat yakni memudahkan dalam pemasaran dan promosi produk.

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Pekanbaru sebagai pihaknya yang bertanggungjawab terhadap pembinaan para perajin tersebut.

Dia menambahkan bila sentra perajin itu terwujud maka pihaknya berupaya agar produk rotan dari Pekanbaru tersebut dapat dijual di pasar internasional.

Asisten Sekda Pemkot Pekanbaru Bidang Ekonomi dan Pembangunan itu mengatakan selama ini ada juga pembeli hasil kerajinan rotan Rumbai oleh pimpinan perusahaan minyak asing sehingga dapat membantu dalam promosi.

Untuk mewujudkan tentu perlu dana dan pihak Pemerintah Provinsi Riau dikabarkan juga bersedia membantu menyangkut permodalan.

Perajin rotan di Rumbai itu membuat aneka mainan anak-anak, bangku, kursi, tudung saji, pot bunga, bingkai lukisan dan permainan hula-hula serta ayunan anak.

Namun perajin meminta agar ada pelatihan sehingga produk terbaru yang dibuat sesuai permintaan pasar lokal dan internasional.