Menaker Ida Fauziyah sambut tawaran pelatihan energi hijau dari WIFI Burgenland

id Berita hari ini, berita riau antara, Menaker

Menaker Ida Fauziyah sambut tawaran pelatihan energi hijau dari WIFI Burgenland

Menaker Ida Fauziyah (tengah) mengunjungi Pusat Pelatihan Vokasi WIFI Burgenland di Eisenstadt, Austria, pada Selasa (14/6/2022) (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyambut baik tawaran dari WIFI Burgenland yang didirikan oleh Kamar Dagang Industri Austria untuk melakukan kerja sama pengembangan program pelatihan di bidang energi hijau atau green energy dan kendaraan listrik.

Menurut keterangan Kementerian Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Rabu, Menaker melakukan kunjungan ke Pusat Pelatihan Vokasi WIFI Burgenland di Eisenstadt, Austria pada Selasa (14/6) dan menyampaikan keinginannya belajar dari WIFI Burgenland bagaimana mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi.

"Saya ingin belajar dari WIFI Burgenland, bagaimana mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi, terutama di bidang green energy dan kendaraan listrik," kata Menaker Ida Fauziyah dalam kunjungan tersebut.

Ida menuturkan dari kerja sama Development Maritime VTC yang dibiayai melalui pinjaman lunak Pemerintah Austria pada 2021, instruktur dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dan Serang dikirim ke Pusat Pelatihan Vokasi WIFI untuk mengikuti pelatihan Training of Trainer (TOT).

"Kami melihat bahwa kompetensi instruktur sangat menentukan terhadap kualitas lulusan pelatihan," tutur Ida.

Kompetensi itu tidak hanya berbentuk hard skill tapi juga soft skill. Oleh karena itu, walaupun kerja sama Development Maritime VTC ini akan berakhir, Ida berharap kerja sama terus berjalan antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan WIFI Burgenland yang memiliki standar pelatihan yang diakui dunia industri.

"Semoga kerja sama dengan WIFI ini terus berlanjut agar kami dapat mengimplementasikannya di Indonesia," kata Menaker Ida Fauziyah.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah paparkan empat kemajuan ketenagakerjaan Indonesia di hadapan ILO

Baca juga: Menaker serahkan penghargaan K3 kepada PT RAPP