Sukseskan pemilu 2024, Bawaslu Meranti mulai bangun sinergitas bersama aparat penegak hukum

id Pemilu 2024,Polres Meranti,Bawaslu Meranti

Sukseskan pemilu 2024, Bawaslu Meranti mulai bangun sinergitas bersama aparat penegak hukum

Bawaslu Kepulauan Meranti membahas beberapa hal penting bersama pihak Polres Meranti tentang pelaksanaan tahapan menjelang pemilu serentak 2024 di Mapolres, Jumat (10/6). (ANTARA/HO-Bawaslu Kepulauan Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini sudah mulai membangun sinergitas bersama aparat penegak hukum untuk mensukseskan Pemilu serentak pada 2024 mendatang.

Meski masih dua tahun lagi penyelenggaraan demokrasi akbar se Indonesia itu, mereka memilih segala persiapan lebih baik dilakukan di jauh hari. Seperti Jumat (10/6) kemarin, Bawaslu telah mengunjungi Polres Kepulauan Meranti untuk membahas masalah tersebut.

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal mengatakan kunjungan silaturahmi kemarin dilakukan dengan maksud untuk menyampaikan tentang pentahapan pemilu serentak yang akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 ini.

"Sebagai lembaga yang mengawasi jalannya Pemilu jujur, terbuka, dan adil, pasti banyak pihak yang merasa keberatan ataupun tidak menyukai hasil yang dikeluarkan. Namun, nantinya kita akan mengutamakan pendekatan pengawasan berbasis teknologi digital. Hal itu tetap dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan atau kesiapan, terutama kendala akses jaringan teknologi informasi," jelas Syamsurizal di Selatpanjang, Sabtu.

Nantinya, lanjut Samsurizal, pihaknya akan lebih meningkatkan pengawasan terkait update pemutakhiran data pemilih tetap (DPT) di wilayah Kepulauan Meranti.

"Oleh karena itu, kami kemarin itu meminta petunjuk, saran dan arahan dari bapak Kapolres sebagai institusi yang bergerak di bidang keamanan dalam pelaksanaan pemilu serentak nanti. Kita akan selalu berkoordinasi dan melaporkan setiap perkembangan permasalahan yang terjadi dalam pentahapan hingga penyelenggaraan kepada Polres Meranti," tuturnya.

Sementara Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG menekankan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 harus berjalan lancar dan sukses. Tentunya dengan meminimalisir setiap adanya pelanggaran pemilu.

Perbedaan pendapat dan pilihan pemimpin, sebut Kapolres, merupakan suatu hal yang wajar dalam hal demokrasi. Namun sebagai pihak yang mengamankan dan mengawasi pemilu, kedua lembaga atau institusi ini harus tetap dapat bersikap secara netral dan tidak menggiring suatu opini terhadap masyarakat.

"Intinya, kita siap mengamankan jalannya Pemilu serentak tahun 2024 akan datang. Untuk itu, sudah seharusnya Polres bersama Bawaslu terus bersinergi dan bekerjasama, serta tetap melakukan komunikasi terkait semua perkembangannya," ujar Kapolres Andi.