Terbaru, harga sawit di Riau turun Rp95,13/kg

id Disbun Riau

Terbaru, harga sawit di Riau turun Rp95,13/kg

Aktivitas petani sawit di Riau. (ANTARA/HO-Disbun Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Harga tandan buah segar sawit (TBS) di Riau pada kelompok umur 10-20 tahun periode 8-14 Juni 2022 adalah sebesar Rp2.571,31/kg atau mengalami penurunan sebesar Rp95,13kg dibandingkan harga seminggu sebelumnya Rp2.576,18/kg.

"Penurunan harga sawit di Riau antara lain dipicu oleh penurunan harga jual CPO(minyak sawit mentah) dari perusahaan yang menjadi sumber data," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan RiauDefris Hatmajadi Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan, untuk harga jual CPO dari PTPN V tidak melakukan penjualan minggu ini. Dari PT Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp87,26/kg dari harga minggu lalu, dari PT Astra Agro Lestari tidak melakukan penjualan minggu ini.

Berikutnya dari PT Asian Agri mengalami penurunan harga sebesar Rp996,82/Kg dari harga minggu lalu, dari PT. Citra Riau Sarana tidak melakukan penjualan minggu ini begitu juga dengan PT Musim Mas tidak melakukan penjualan minggu ini.

"Sedangkan untuk harga jual kernel, perusahaan tidak ada melakukan penjualan sehingga untuk data kernel diambil rata-rata dari KPBN dengan harga sebesar Rp7.090/kg," katanya.

Sementara dari faktor eksternal, pascapencabutan kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng, CPO dan turunannya walaupun sudah diumumkan untuk wilayah Riau hanya dua perusahaan yang melakukan penjualan untuk menetapkan penetapan harga.