3.528 penumpang gunakan bus di Terminal Payung Sekaki Pekanbaru

id BRPS, Payung Sekaki,sebanyak ,3.528, penumpang,layanan ,AKAP/AKDP, Pekanbaru

3.528 penumpang gunakan bus di Terminal Payung Sekaki Pekanbaru

Arus Penumpang di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru alamai penurunan. (Antara/dok).

Pekanbaru (ANTARA) - Tren penggunaan kendaraan untuk mudik jalur darat saat ini mulai bergeser dari bus umum ke mini bus karena lebih nyaman dan bebas, demikian terpantau pada Idul Fitri 1443 H.

Walau demikian, masih ada saja sebahagian warga yang tetap setia mudik menggunakan angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)/Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Ini dibuktikan dari data Kantor Balai Pengelola Transportasi Dara (BPTD) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau melaporkan pada H+2 Idul Fitri 1443 H sebanyak 3.528 penumpang terpantau berangkat dan datang di terminal Bandar Raya Payung Sekali (BRPS) Pekanbaru.

"Itu total yang gunakan layanan bus angkutan darat di BRPS Payung Sekaki hanya pada Rabu kemarin," kata Kepala BPTD Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Yuki Chandra di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan, jumlah tersebut terdiri dari penumpang Antar Kota Antar Provinsi yang datang sebanyak 408 orang, kemudian keberangkatan hingga hari Rabu kemarin ada 2.194 penumpang.

Ada juga penumpang Antar Kota Dalam Provinsi kedatangan terpantau 449 penumpang.

"Sedangkan keberangkatan AKDP Rabu kemarin 477 orang, jadi total ada 3.528 penumpang yang menggunakan angkutan darat di terminal BRPS," kata Yuki.

Ia menyebut, persentase atau angka pasti kedatangan atau arus balik usai mudik lebaran belum bisa dipastikan. Sebab, tidak semua penumpang yang turun di terminal

"Misalnya ada yang turun di Rumbai. Mereka tidak turun di terminal BRPS," tukasnya.