Rusia umumkan sukses uji coba rudal strategis Sarmat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,rudal

Rusia umumkan sukses uji coba rudal strategis Sarmat

Foto tangkapan layar dari video yang dirilis oleh Kremlin ini menunjukkan uji coba peluncuran rudal Sarmat pada 20 April 2022. (Antaranews)

Moskow (ANTARA) - Rusia mengumumkan bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua Sarmat pada Rabu (20/4) di saat ketegangan antara Moskow-Barat meningkat tajam atas isu Ukraina.

Rudal tersebut ditembakkan dari sebuah peluncur silo pada pukul 15.12 Waktu Moskow, atau pukul 19.12 WIB di kosmodrom uji coba Plesetsk di wilayah Arkhangelsk, Rusia barat laut, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Hulu ledak dalam latihan tersebut mencapai area tertentu di lokasi uji coba Kura di Semenanjung Kamchatka dan misi itu terselesaikan sepenuhnya, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Setelah uji coba tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rudal baru itu memiliki "karakteristik taktis dan teknis tertinggi serta mampu mengatasi semua sarana pertahanan antirudal modern."

Sarmat akan memperkuat potensi tempur Angkatan Bersenjata Rusia, melindungi negara tersebut dari ancaman eksternal, serta "membuat mereka yang di tengah panasnya retorika hiruk-pikuk dan agresif mencoba mengancam negara kami untuk berpikir kembali," ujarnya dalam sebuah pertemuan daring dengan para pejabat tinggi pertahanan.

Baca juga: Militer Ukraina gagalkan upaya serangan rudal Rusia di Odesa

Baca juga: "Rudal balistik" Korea Utara meledak di udara saat lakukan uji coba