F-PD DPR RI desak Polda Riau usut penyebar hoax sudutkan Demokrat

id Demokrat, Hinca Panjaitan, pelaku hoax,Demokrat penyebar hoaks, partai demokrat

F-PD DPR RI desak Polda Riau usut penyebar hoax sudutkan Demokrat

Fraksi PD DPR RI bersama Anggota Fraksi Demokrat DPRD se-Riau. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Demokrat Hinca Pandjaitan meminta penegak hukum di Riau menindak tegas penyebar hoaks dan ujaran kebencian yang selama ini kerap menyudutkan Partai Demokrat.

Sebelumnya beredar narasi di media sosial yang menyebutkan demo penolakan perpanjangan masa jabatan presiden oleh mahasiswa di Riau, ditunggangi Partai Demokrat. Hinca menegaskan tuduhan itu merupakan fitnah yang sengaja menyudutkan Demokrat.

"Jadi saya tegaskan tidak benar ada demo yang didalangi Demokrat, tidak mungkin. Karena itu sangat jauh dari DNA kami Partai Demokrat yang selalu mengedepankan Demokrasi," tutur Hinca yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan DPP PD itu kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat malam.

Hal itu disampaikan Hinca dalam kunjungan kerjanya ke Pekanbaru. Pihaknya menggelar pertemuan bersama Anggota Fraksi Demokrat Provinsi Riau dan Anggota Fraksi Demokrat tingkat kabupaten/kota di Ruang Medium DPRD Riau.

Hadir juga dalam pertemuan itu, Wakil Ketua Umum PD Benny K Harman yang juga anggota Komisi III DPR RI. Dari Demokrat Riau, Ketua DPD Agung Nugroho beserta jajaran, serta seluruh anggota Fraksi Demokrat dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi Demokrat Benny K Harman mengatakan sejak beberapa waktu lalu ada pihak yang sengaja menghembuskan narasi kebencian terhadap Demokrat dan sangat bertentangan dengan fakta yang ada. Hal itu sengaja diviralkan untuk mendiskreditkan Partai Demokrat tanpa memiliki dasar.

"Saat ini ada narasi-narasi yang menyudutkan Partai Demokrat, yang kemudian disebarluaskan di sosial media. Kami berharap Kepolisian menjadi institusi yang otonom, jangan sampai aparat ikut serta dalam hal tersebut dan kami berharap Kapolda dapat menertibkan dan mengusut tuntas permasalahan ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Benny memastikan dirinya bakal terus melakukan pemantauan dan pengawasan atas persoalan yang ia sampaikan kepada aparat di Riau. Meski begitu, ia mempercayai bahwa penegak hukum di Riau mampu bekerja profesional demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di Bumi Lancang Kuning.