Pembangunan jaringan gas untuk dua kampung di Tualang dimulai

id Jaringan, gas, Tualang, Siak

Pembangunan jaringan gas untuk dua kampung di Tualang dimulai

Penandatanganan serah terima pembangunan jaringan gas di Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pembangunan jaringan gas di Kabupaten Siak akan dilakukan untuk dua kampung/desa di Kecamatan Tualang yakni Kampung Pinang Sebatang Timur dan Pinang Sebatang Barat dengan sambungan sekitar 1.837 ke rumah tangga.

"Dipilihnya Kampung Pinang Sebatang Timur dan Kampung Pinang Sebatang Barat untuk pembangunan jargas tahap I pada tahun 2022 ini karena kedua kampung ini sudah memiliki aliran atau jalur pemasangan," kata Perwakilan Pejabat Pembuat Komiment (PPK) Jargas I Kabupaten Siak oleh Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Irwanto, Kamis.

Menurutnya pembangunan jargas merupakan salah satu wujud efektifitas pemanfaatan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sesuai arahan Presiden RI, dana APBN harus digunakan untuk membangun sesuatu yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya pembangunan jaringan gas.

Pembangunan itu ditandai dengan penandatanganan dari Dirjen Migas dan Bupati Siak, Alfedri tentang serah terima lapangan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kampung Pinang Sebatang Timur. Alfedri mengatakan pada tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Siak sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Gas Negara lalu tahun 2015 sudah teken nota kesepahaman dengan 4000 potensial untuk menjadi "city gas".

Baca juga: Warga Dumai resah pipa Jargas PGN bocor, diduga dangkal

Bupati juga berharap kepada camat dan penghulu kampung di Kecamatan Tualang untuk membantu mensukseskan pembangunan jargas. Juga harapan besarnya kepada masyarakat untuk ikut serta membantu pihak-pihak terkait dalam pembangunan jargas

"Tentunya kami dari Pemerintah Kabupaten Siak berharap camat, penghulu untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar pengerjaan tolong dibantu karena pipa-pipa gas ini akan melewati rumah warga, dan harapan kami kepada masyarakat juga ikut membantu pekerja agar apa yang kita harapkan bisa terwujud dengan baik," ujarnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Camat Tualang Tengku Indra Putra, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Siak Amin Budyadi, dan Kabag Perekonomian Azmarman Yohanto. Ada juga Penghulu Kampung Pinang Sebatang Barat Rudi Hardianto, Penghulu Kampung Pinang Timur Heri Suparjan, dan perwakilan dari masyarakat dua kampung.

Baca juga: Pekanbaru bakal dipasangi 200 ribu jargas sumbangan Kementerian ESDM