Pengemis Banjiri Pekanbaru Saat Ramadhan

id pengemis banjiri, pekanbaru saat ramadhan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Para pengemis dan gelandangan tak terbendung menyerbu sejumlah perempatan jalan dan pertokoan serta perumahan penduduk di Kota Pekanbaru, Riau, saat bulan Ramadhan sehingga keberadaan mereka menimbulkan keresahan warga setempat.

"Petuga Dinas Sosial kurang serius menangani pengemis dan gelandangan maka jumlahnya terus bertambah," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bahwa Dinas Sosial merupakan pihak yang berwenang dan bertanggungjawab mengatasi masalah pengemis serta gelandangan.

Apalagi selama bulan Ramadhan jumlah pengemis terus bertambah pada sejumlah perempatan jalan seperti di Soekarno-Hatta, HR Soebrantas, Tuanku Tambusai, jalan Riau maupun jalan Kaharudin Nasution.

Padahal keberadaan para pengemis tersebut sampai meresahkan warga Kota Pekanbaru karena kadang menganggu ketenangan penduduk yang sedang menjalani ibadah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemkot Pekanbaru, Husnimar Abdullah mengatakan penertiban terhadap pengemis dan gelandangan dilakukan tiap hari pada beberapa titik mereka berkumpul.

Untuk mengatasi maka pihaknya melakukan koordinasi dengan Satpol PP dan agar menindak, tapi dirinya tidak mengetahui jumlah yang telah ditindak tersebut.

Ia mengakui jumlah pengemis bertambah, maka untuk mengatasinya mengalami kendala yakni keterbatasan petugas dalam menanggani masalah tersebut.