Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Pekanbaru ditiadakan saat Ramadan

id Car free day, hari bebas berkendaraan, CFD Pekanbaru dihentikan, Bulan Suci Ramadhan

Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Pekanbaru ditiadakan saat Ramadan

Suasana CFD di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru yang akan ditiadakan selama Bulan Ramadhan mendatanh. ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru menghentikan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman setiap hari Minggu, selama bulan Ramadan dan dibuka kembali setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Manajemen Rekaya Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota PekanbaruFebrinodi Pekanbaru, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan HBKB masih dibuka pada Minggu (10/3). Kemudian untuk selama bulan Ramadan ditutup hingga setelah lebaran.

"Dari hasil kesepakatan kemarin, untuk HBKB masih dibuka sampai Minggu besok. Sementara selama Ramadan tutup," kata Febrino.

Ia menuturkan penutupan HBKB saat Ramadan tidak hanya dilakukan pada tahun ini saja. Namun, pada tahun-tahun sebelumnya juga dilakukan penutupan selama bulan puasa.

Selama ditutup, pihaknya tetap melakukan evaluasi terkait pelaksanaan HBKB di Jalan Jenderal Sudirman. Terutama terkait lalu lintas yang ada pada ruas jalan dan juga para pelaku usaha mikro kecil menengah yang berada di lokasi tersebut.

"Kita akan evaluasi lagi, apa-apa saja kekurangannya. Mulai dari lalu lintasnya, pedagang yang jualan di sana," jelasnya.

Kegiatan HBKB dilakukan setiap hari Minggu di Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada mulai pukul 07.00-09.00 WIB. Di Jalan Sudirman membentang dari depan Radio Republik Indonesia Pekanbaru hingga jembatan layang di Simpang Jalan Tuanku Tambusai.

Sementara untuk pelaku UMKM dan pedagang kaki lima ditempatkan di sepanjang Jalan Cut Nyak Dien belakang Kantor Gubernur Riau, serta diJalanAhmad Yani ke persimpangan Jalan Cut Nyak Dien.