PUPR-BWSS III Pekanbaru normalisasi Sungai Sail Pekanbaru

id Pemkot Pekanbaru,PUPR-BWSS III Pekanbaru,normalisasi Sungai Sail,normalisasi Sungai

PUPR-BWSS III Pekanbaru normalisasi Sungai Sail Pekanbaru

Dinas PUPR Kota Pekanbaru berupaya melakukan pekerjaan fisik proyek normalisasi Sungai Sail atau mengembalikan fungsi sungai seperti semula. (Foto:Antara/HO-HUmas Pemkot Pekanbaru).

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Pekanbaru bekerja sama melakukan pekerjaan fisik proyek normalisasi Sungai Sail atau berupaya mengembalikan fungsi sungai seperti semula.

"Normalisasi sungai sangat erat kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan, dan dilakukan dengan cara membeton pinggiran sungai dan menjadikan pinggiran sungai lokasi permukiman," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, normalisasi dimaksudkan adalah merapihkan bentuk sungai atau memperlebar kembali badan sungai dan mengeruk kedalaman sungai agar kapasitas daya tampung sungai serta debit arus sungai ideal.

Ia menyebutkan, untuk pengerjaan fisiknya normalisasi sungai itu akan dibagi antara wilayah PUPR Pekanbaru dan BWSS III Pekanbaru.

"Pengerjaan fisik normalisasi sungai dari Jalan Parit Indah atau Jalan Setia Maharaja sampai ke Harapan Raya menjadi bagian PUPR Pekanbaru, sedangkan mulai Harapan Raya sampai Muara Sungai Batak dan Muara Sungai Sail adalah kewenangan BWSS," katanya.

Sungai Sail ini, kata Indra lagi, mengalami pendangkalan karena adanya penyempitan di beberapa titik dan perlu segera dilakukan pengerukan bersama dengan BWSS.

"Insya Allah akan kita keruk, nanti PUPR akan membantu BWSS, seperti permasalahan tanaman, sungai dan lainnya," katanya. ***3*** T.F011