Kementerian Agama siapkan rencana keberangkatan jamaah haji

id Keberangkatan haji 2022,Haji,Menag

Kementerian Agama siapkan rencana keberangkatan jamaah haji

Arsip foto. Jemaah Haji. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kementerian Agama RI tengah mengusahakan umat Islam Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah haji agar bisa berangkat ke Tanah Suci dalam waktu dekat ini.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumassaat di Pekanbaru, Rabu, mengatakan,pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait hal ini.

"Mungkin awal bulan depan tim kita juga akan berangkatke Arab Saudi untuk memperjelas apakah haji di tahun ini bisa diberangkatkan," ucap Yaqut.

Namun Yaqut tidak dapat memastikan keberangkatan calon jemaah haji asalIndonesia sebab hal itu merupakan otoritas pemerintah Arab Saudi. Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa skema yang mungkin terjadi.

"Kita telah menyiapkan beberapa skema, jika skema full, Alhamdulillah kita sudah siapkan. Ada juga skema 30 persen, jika ada pembatasan. Atau skema yang tidak memberangkatkan seperti pada 2020 dan 2021," jelasnya.

Lanjutnya, selain menyiapkan beberapa skema pihaknya juga telah merancang mitigasi keberangkatan haji.

"Secara teknis kita siap. Kalau pemerintah Arab Saudi membuka negaranya untuk jamaah haji dunia termasuk Indonesia, kita sudah sangat siap memberangkatkan jamaah ke sana," pungkasnya.

Baca juga: Menag : Aturan penggunaan pengeras suara di rumah ibadah agar hubungan umat lebih harmonis