Pemerintah Kota Padang siapkan 32 kegiatan pariwisata pada 2022

id Berita hari ini, berita rau terbaru, berita riau antara, pariwisata

Pemerintah Kota Padang siapkan 32 kegiatan pariwisata pada 2022

Wisatawan memadati Pantai Padang pada akhir tahun 2021 (Antara/Iggoy el Fitra)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menyiapkan 32 kegiatan (event) pariwisata pada 2022 dengan target kunjungan wisatawan domestik sebanyak tiga juta orang.

"Sepanjang 2022 , Kota Padang bakal diramaikan dengan sejumlah event menarik yang diyakini bakal memikat wisatawan untuk berkunjung," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Rabu.

Wali Kota berharap para penggiat pariwisata serta pelaku usaha seperti di perhotelan dapat berperan aktif mendukung sejumlah event pariwisata di Kota Padang selama 2022 tersebut.

Baca juga: Pemerintah Kota Palembang kembangkan wisata air ke anak Sungai Musi

"Pada Januari lalu kita sudah menggelar pertunjukan musik tradisional gambang yang diusung masyarakat etnis Tionghoa," ujarnya.

Musik kesenian tersebut tidak digelar satu kali itu saja, tetapi juga pada pertengahan Februari, Maret, April, Agustus, serta September, Oktober dan November. Event ini cukup banyak digelar dan mewarnai kalender pariwisata Kota Padang selama tahun ini.

Kemudian pada Februari juga akan digelar kegiatan Promosi Pariwisata Padang di Kawasan Wisata Bungus berkolaborasi bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Berikutnya juga akan ada Perayaan Cap Go Meh yang dimeriahkan atraksi barongsai di atas tiang. Lalu juga ada Festival Anak Nagari dan Pasar Murah/Bazar HBT-WHBT dan Barongsai pada Maret.

Baca juga: Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan kunjungi Kampung Patin, ada apa?

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa menambahkan selanjutnya ada pawai Religi Takbiran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kemudian pada awal Juni ada Sumbar Culture Week yang bakal dihelat di Pantai Cimpago yang diusung Asita.

Pertengahan Juni kembali digelar Festival Anak Nagari serta akhir Juni sampai awal Juli dimeriahkan dengan Padang Tourism dan Trade Investment Expo (PTTIE) 2022 di Plaza Andalas.

Selanjutnya pada Juli akan ada Pekan Muharam yang diisi dengan berbagai lomba dan kegiatan religi masyarakat di Kecamatan Kuranji.

Pada Agustus 2022 menjadi bulan yang padat agenda di Kota Padang. Selain karena ada peringatan dan perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Padang ke-353, Kota Padang akan menggelar event Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15.

"Selaku tuan rumah Rakernas yang diikuti 90 orang Wali Kota se-Indonesia, Pemko Padang akan memeriahkannya dengan menggelar pawai budaya Nusantara," kata dia

Baca juga: Pemkab nyatakan tidak ada penutupan objek wisata di Bantul terkait COVID-19

Kemudian juga ada Festival Marandang, Gowes Siti Nurbaya dan Pekan Ekonomi Kreatif serta MTQ Tingkat Kota Padang" dengan tuan rumah Kecamatan Kuranji.

Pada September 2022 juga ada acara Padang Thrift Day Fair dari Creative Hub Padang serta Festival Anak Nagari Adwindo di Pantai Air Manis.

Berikutnya November ada Mato Aie Jungle Run, Pemilihan Duta Wisata Uda Uni Kota Padang 2022, "Festival Bonsai" serta Festival Anak Muslim dan "Festival Selaju Sampan Badunsanak.

Pada akhir 2022 komunitas Himpunan Bersatu Teguh akan menghelat Karnaval Sipasan yang biasanya dipadati ribuan orang di kawasan Kota Tua.

Ia memaparkan sebelum pandemi COVID-19 menargetkan angka kunjungan wisatawan ke Kota Padang sekitar lima juta orang, namun untuk 2022 pihaknya optimistis dapat meraih tiga juta pengunjung.

"Semua agenda pariwisata tersebut tidak hanya dilakukan dengan menggunakan dana APBD Kota Padang, tapi juga didukung oleh pelaku usaha pariwisata serta komunitas-komunitas yang bergerak di sektor pariwisata," katanya.

Baca juga: Mempopulerkan Desa Wisata Suku Talang Mamak