Mempopulerkan Desa Wisata Suku Talang Mamak

id Rengat,Gubernur Riau,talang mamak, desa wisata, desa wisata talang mamak

Mempopulerkan Desa Wisata Suku Talang Mamak

Gubernur Riau Syamsuar saat kunker ke Desa Wisata Suku Talang Mamak. (ANTARA/dok)

"Kunjungan Gubernur Riau Syamsuar ke desa wisata Rantau Langsat Inhu, mendongrak ekonomi warga dan mendunikan suku Talang Mamak,
Rengat (ANTARA) - Ketua Tokoh adat Desa Rantau Langsat, Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Tatung, mengaku sangat bangga atas kunjungan resmi Gubernur Riau Syamsuar didampingi Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat ke desa wisata Suku Talang Mamak, belum lama ini.

Tatungjuga menyampaikan menambahkan bahwa desa wisata diharapkan semakin berkibar secara nasional. berkat kunjungan orang nomor satu di Provinsi Riau ini.

"Karena, akan memberikan nilai positif dan mengundang semakin besarnya kunjungan wisatawan nasional," katanya di Inhu, Kamis.

Ratusan potensi wisata unik, punya sejarah yang melegenda yang dapat dijumpai sepanjang perjalanan menuju desa wisata nomor tiga di Riau ini.

Misalnya, ada sejumlah batu bersejarah dengan nama sudah melegenda, bukit yang asri, keindahan sungai yang berkelok-kelok. Bahkan, ada lokasi arung jeram dengan dibumbui adat istiadat yang unik menarik hingga tradisi langka yang masih lestari.

Baca juga: Menjaga asa pendidikan anak suku pedalaman di Riau

"Semua bisa ditemukan, ini masih lestari dan masyarakat terbuka menerima tamu dari mana saja," ujarnya.

Oleh sebab itu, kunjungan Gubernur Riau Syamsuar, Senin (24/1) lalu justru memberikan nilai luar biasa di tengah masyarakat setempat. Bahkan, dengan adanya perhatian dan kepedulian pihak Provinsi Riau akan mendongkrak ekonomi masyarakat tempatan.

Lebih menariknya, setiap tamu yang datang, sejumlah warga menyambut dengan berbagai tradisi menarik yang terus dipertahankan sejak ratusan tahun lalu. Seperti tari penyambutan, silat tradisional dan suguhan lagu sakral dan minuman khas yang disebut air aren.

"Tentunya, masyarakat berharap agar Gubernur Riau secepatnya membangun jembatan permanen di Rantau Langsat, menambah perahu, mempercantik desa wisata yang penduduknya adalah asli Suku Talang Indragiri Hulu," ucap Tatung

Baca juga: Perjalanan wisata menuju desa Suku Talang Mamak

Baca juga: Suku Talang Mamak sambut wisatawan dengan tarian khas