Pasokan Ikan Segar Di Pekanbaru Lancar

id pasokan ikan, segar di, pekanbaru lancar

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pasokan ikan segar baik hasil laut, keramba maupun sungai ke sejumlah pasar tradisional Kota Pekanbaru, Riau, sejauh ini masih lancar sehingga harga kebutuhan pangan itu relatif stabil.

"Saat ini masih stabil (harga ikan), karena masih banyaknya pasokan ikan ke Pekanbaru. Bahkan saya masih menjual ikan segar dengan harga yang tidak banyak mengalami perubahan semenjak tiga pekan terakhir," kata M Tono pedagang ikan segar di Pasar Dupa Pekanbaru, Kamis.

Ikan segar yang beredar di pasar-pasar Pekanbaru, menurut pedagang banyak berasal dari daerah tetangga seperti Sumatera Barat khusunya ikan dari daerah Maninjau Kabupaten Agam.

"Disamping ikan segar lokal yang berasal dari Kabupaten Kampar, dan daerah penghasil ikan lainya di Riau," kata Surati, pedagang.

Ikan Lele misalnya, sejauh ini kebanyakan pedagang menjualnya dengan harga Rp 17.000 per kilogram (kg). Sedangkan ikan mas dijual dengan harga Rp23.000 per kg.

"Untuk ikan mas dan ikan lele yang di jual di pasar-pasar ini kebanyakan berasal dari Riau," katanya.

Toni, pedagang lainnya pada pasar yang sama mengatakan, untuk hasil tangkapan ikan segar yang berasal dari perairan laut Riau, seperti ikan tuna dijual dengan harga Rp 30.000 per kg.

Sementara untuk ikan laut yang di keringkan seperti ikan teri dan ikan asin jenis sepat juga masih stabil mengingat stok dari nelayan laut Riau yang cukup banyak.

"Untuk ikan teri perkilonya dijual dengan harga Rp25.000 dan ikan asin (sepat) Rp 33.000 per kg," katanya.

Sementara untuk ikan keramba yang berasal dari Danau Maninjau, Sumatera Barat, juga demikian, hargaya masih normal.(Reindy Rudagi)