Pasokan Ikan Riau Lancar Meski Cuaca Buruk

id pasokan ikan, riau lancar, meski cuaca buruk

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pasokan ikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Riau tetap lancar meski wilayah pesisir kerap dilanda cuaca buruk dalam beberapa hari ini.

"Kemungkinan juga, para nelayan di Riau masih tetap melaut untuk menangkap ikan ketika cuaca buruk," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Irwan Effendi di Pekanbaru.

Menurut dia, pasokan ikan hasil tangkap nelayan Riau yang sejauh ini masih stabil cukup menjadi bukti bahwa para nelayan tetap melaut meski dalam cuaca buruk.

Dalam situasi seperti saat ini, demikian Irwan, dimana sering terjadi hujan disertai angin kencang, memang sebenarnya dapat mengakibatkan kegiatan para nelayan menjadi terganggu.

"Namun patut disyukuri, karena sampai sekarang belum ada ditemukan kerugian bagi para nelayan akibat cuaca buruk," katanya.

Selain itu, kata dia, ketersedian ikan air tawar dan ikan tambak seperti jenis ikan mas, ikan nila, patin dan jenis ikan air tawar lainya yang banyak terdapat di sungai Kampar, Kabupaten Kampar, sejauh ini juga masih cukup lancar.

"Intinya, tidak ada hambatan terhadap pemanenan ikan yang mendistribusikan ikan ke pasar-pasar tradisonal ke berbagai wilayah Riau khususnya Pekanbaru," katanya.

Sungai Kampar merupakan kawasan budidaya ikan air tawar di Riau yang terbesar, dimana terdapat banyak kolam pembibitan ikan dan keramba.

Pengelolaan ikan kolam dan keramba di Provinsi Riau ini, kata Irwan, langsung diawasi dan dikelola oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Riau, sehingga masyarakat yang mengkonsumsi ikan itu tidak perlu khwatir akan kuwalitasnya.(Reindy Rudagi)