Harga Ikan Dumai Merosot Karena Banjir Pasokan

id , harga, ikan dumai, merosot karena, banjir pasokan

   Harga Ikan Dumai Merosot Karena Banjir Pasokan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pedagang ikan di Pasar Tradisional Bundaran Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan meningkatnya pasokan ikan dari berbagai daerah membuat harga komoditas merosot dalam sebulan terakhir.

Seorang pedagang Jecki di Dumai, Kamis, mengaku penurunan harga ikan ini terutama pada produk ikan laut seperti ikan serai dari Rp20 ribu jadi Rp18 ribu per kilogram (Kg), dan ikan caru dari Rp16 ribu ke Rp14 ribu per Kg.

Kemudian, ikan gembung dari sebelumnya Rp20 ribu turun jadi Rp18 ribu per Kg, dan ikan kakap jadi Rp45 ribu dari awalnya Rp50 ribu per Kg.

"Harga ikan merosot sudah sebulan ini karena banyak stok datang dari berbagai daerah pemasok seperti sumatera barat, medan dan bagan siapiapi," katanya.

Menurutnya, stok ikan yang banjir ini juga membuat dirinya sulit menjual dagangan dan dikuatirkan merugi karena bisa rusak jika melebihi masa bertahan selama empat hari.

Diakuinya, setiap hari menjajakan ikan berbagai jenis untuk kebutuhan konsumsi masyarakat sebanyak 300 kilogram, dan karena penjualan sepi terpaksa harus membuang 30 kilogram ikan yang sudah busuk.

"Kalau ikan sudah melebihi empat hari dan tidak laku dijual terpaksa harus kita buang karena tidak layak lagi untuk dikonsumsi," terangnya.

Mendekati masuknya bulan puasa, dia meyakini stok ikan untuk masyarakat akan terjamin karena stok tersedia cukup, dibantu juga dengan tambahan pasokan dari pelabuhan pengumpul ikan di Dumai.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Dumai Syafrizal mengatakan, kebutuhan ikan pada saat jelang bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 2015 ini diperkirakan mencapai sekitar 82,4 ton.

Dia menjelaskan kebutuhan ikan produksi air tawar diperkirakan sebanyak 80,1 ton, ikan hasil produksi budidaya payau sebanyak 1,2 ton dan didatangkan dari daerah pemasok berkisar 1 ton.

"Jelang puasa dan Idul Fitri nanti diperkirakan kebutuhan ikan konsumsi akan meningkat, karena itu pemerintah telah menyiapkan beberapa kebijakan untuk ketahanan pangan perikanan ini," katanya.