Pelantikan 37 penghulu terpilih Siak dijadwalkan 29 Desember

id Penghulu, Siak, pelantikan

Pelantikan 37 penghulu terpilih Siak dijadwalkan 29 Desember

Pelantikan pejabat penghulu 37 kampung di Siak beberapa waktu lalu mengisi kekosongan jabatan.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak sudah menjadwalkan pelantikan penghulu/kepala desa terpilih 37 kampung/desa yang melaksanakan pemilihan penghulu serentak pada November lalu.

pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Siak, Budhi Yuwono menyampaikan pelantikan akan dilakukan pada 29 Desember mendatang. Lokasinya di Balai Datuk Empat Suku, Kediaman Bupati Siak.

"Sekarang sedang proses penerbitan Surat Keputusan Bupati Siak. Secara administrasi semuanya sudah dipenuhi, sudah ditandatangani berita acara oleh penyelenggara dan peserta serta Badan Permusyawaratan Kampung," katanya di Siak, Rabu.

Terkait adanya keberatan pada pemilihan di lima kampung menurutnya sudah difasilitasi pihaknya. Oleh karena itu puas atau tidak tergantung penggugat apakah setelah SK Bupati Siak keluar akan mengajukan keberatan.

Namun lanjut dia berdasarkan fasilitasi Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas sudah mencabut gugatannya. Lalu di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, dua dari tiga pihak sudah mencabut juga, tapi yang satu lagi kata Budhi gugatannya sudah kedaluwarsa.

"Kampung Sri Gemilang, Kecamatan Kotogasib sudah difasilitasi tapi masih pikir-pikir. Yang dua lagi sudah diberi pengertian dan dijelaskan sehingga menerima," ungkapnya.

Saat pelantikan nanti juga akan diluncurkan "Bujang Kampung" yakni program "bupati jalan dan ngantor di kampung". Jadwalnya satu kali seminggu tidak hari Jumat pada tahun 2022 mendatang.

"Di situ Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga juga ikut, harap ikut juga organisasi perangkat daerah agar bisa nanti terlayani mungkin masalah KTP, tapal batas, stunting, ataupun usaha mikro kecil menengah," ujar Bupati Siak, Alfedri.