BRIN nyatakan mampu kelola limbah radioaktif dengan baik, begini penjelasannya

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara,BRIN

BRIN nyatakan mampu kelola limbah radioaktif dengan baik, begini penjelasannya

Pelaksana tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Agus Sumaryanto berbicara dalam Webinar Riset BRIN berseri di Jakarta, Selasa (14/12/2021). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mampu mengelola limbah radioaktif dengan baik sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait limbah radioaktif.

"Semua limbah radioaktif baik dari industri, dari rumah sakit juga kami kelola, kami lakukan pelimbahan dan kami lakukan pengelolaan termasuk limbah reaktor, jadi kekhawatiran masyarakat tidak perlu dibesarkan," kata Pelaksana tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Agus Sumaryanto dalam webinar riset di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Peneliti BRIN rekomendasikan tiap rumah perlu ruang aman antisipasi ancaman gempa

Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN merupakan organisasi nonstruktural yang menyelenggarakan teknis penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi di bidang ketenaganukliran dan penyelenggaraan ketenaganukliran.

Organisasi riset tersebut melakukan riset teknologi limbah radioaktif yang meliputi riset teknologi pra-pembuangan limbah radioaktif, dan riset teknologi pengelolaan limbah radioaktif.

Baca juga: Vaksin COVID-19 Merah Putih bisa untuk booster dan vaksinasi reguler, kata BRIN

Selain riset teknologi limbah radioaktif, Agus menuturkan pihaknya juga melakukan riset teknologi radioisotop dan radiofarmaka dan riset teknologi radiasi pengion.

Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN mengkaji, mengimplementasikan dan melakukan inovasi teknologi radiasi pengion untuk berbagai aplikasi.

BRIN juga mengkaji, mengimplementasikan dan melakukan inovasi teknologi radioisotop untuk deteksi, perunut dan analisis nuklir.

Baca juga: BRIN dukung ASEAN hasilkan peta jalan pengembangan kecerdasan buatan

Pemanfaatan radioisotop di bidang kesehatan telah banyak dirasakan oleh masyarakat, khususnya bagi penyintas kanker.

Salah satu keuntungan dari radioisotop adalah sebagai perunut dalam menemukan lokasi yang terjangkiti oleh penyakit kanker.

Dengan menghasilkan lebih banyak radioisotop dan radiofarmaka buatan dalam negeri, maka diharapkan dapat menjadi substitusi terhadap produk impor untuk mengisi kebutuhan masyarakat dan rumah sakit sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor.

Baca juga: BRIN akan fokus pada tiga teknologi kunci dukung kendaraan listrik berbasis batera