Sandiaga Uno tekankan penerapan prokes jelang penyelenggaraan World Superbike Mandalika

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Mandalika

Sandiaga Uno tekankan penerapan prokes jelang penyelenggaraan World Superbike Mandalika

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/11/2021). (ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan kepada seluruh pihak terkait penerapan protokol kesehatan jelang penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pagi ini saya meninjau langsung sirkuit Mandalika, seluruh track (lintasan) saya kelilingi sepanjang 4,3 kilometer, situasinya ready to go," kata Menparekraf saat di Mandalika, NTB, sebagaimana dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Sandiaga Uno ungkap 3 tips sukses berusaha bagi pelaku ekonomi kreatif di NTB

Rencananya, Pertamina International Street Circuit yang menjadi sirkuit jalan internasional Mandalika akan menggelar ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup yang akan berlangsung pada 12 November 2021 mendatang. Selanjutnya, ajang World Superbike pada 19 November 2021 dan MotoGP pada tahun depan (2022).

Harga tiket untuk penyelenggaraan World Superbike telah dilakukan penyesuaian dari Rp770 ribu untuk paket selamat tiga hari, menjadi Rp150 ribu untuk hari pertama, Rp200 ribu hari kedua, dan Rp300 hari ketiga.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak UMKM terus berkolaborasi percepat pemulihan ekonomi

"Mudah-mudahan ini lebih cocok, saya mendapat kabar ada ribuan peserta touring (tur) yang berangkat dari berbagai wilayah untuk melihat Superbike ini. Harapan kita event ini memberikan peluang untuk membuka lapangan kerja sehingga ekonomi bangkit dan masyarakat kembali bisa kegiatan di tengah-tengah pandemi dan mudah-mudahan kesejahteraan di kalangan masyarakat Lombok dan NTB meningkat," ungkap Menparekraf.

Karena itu, diharapkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, salah satunya dengan memperkuat penerapan prokes.

Baca juga: Relawan Kawan Sandi deklarasi di Pekanbaru

Sandiaga menekankan kepada jajaran Kepolisian Daerah (Polda) NTB dan jajaran Komando Resor Militer (Korem) agar memastikan masyarakat benar-benar mematuhi prokes secara ketat serta disiplin.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Antis menyerahkan bantuan berupa 2 juta hand sanitizer dan lebih dari 3.500 dispenser hand sanitizer otomatis ke provinsi serta kabupaten di NTB yang diserahkan kepada Polda NTB dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Sementara itu, Homecare24 yang turut mendukung pelaksanaan WSBK 2021 memberikan pelayanan Testing PCR dan Swab – Antigen bagi seluruh kru yang bertugas selama pelaksanaan WSBK 2021 di Mandalika.