MUI Rohil Siap Beri Pemerintah Saran

id mui rohil, siap beri, pemerintah saran

Bagansiapiapi (antarariau.com) - Ketua terpilih Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, H Wan Syaiful menegaskan lima tahun kedepan dalam menjalankan roda organisasi seluruh pengurus siap memberikan saran ataupun fatwa kepada pemerintah daerah dan masyarakat sesuai tuntunan Al Qur'an dan As sunah Rasullulah Muhammad SAW.

"MUI Rohil ke depan akan melakukan perbaikan terhadap kehidupan ummat Islam, memberikan saran dan fatwa terhadap umara (pemerintah) baik diminta atau tidak apabila kita lihat ada yang menyimpang dari Al Quran, dan Assunnah," jelas Ketua MUI Rohil terpilih H Wan Syaiful, Senin.

Pemerintah Kabupaten Rohil, papar H Wan Syaiful merupakan mitra MUI. "Kita tidak bisa berjalan sendiri. Makanya pemerintah itu merupakan mitra dan kekuatan kita," tambah Wan Syaiful yang juga Kepala Dinas Pendapatan Rohil itu.

MUI Rohil ke depan akan memberikan pengetahuan kepada ummat Islam seperti pentingnya arti shalat lima waktu. Di dalam shalat lima waktu, ujarnya, dengan sendirinya sudah membentuk dan memperbaiki ummat mengingat shalat itu sendiri dapat memperbaiki semua lini kehidupan. Dengan shalat yang teratur dan tertib, manusia akan bersih dan lebih disiplin.

"Pada bagian akhir shalat kita mengucapkan salam yang berarti mendoakan orang-orang di samping kanan maupun samping kiri kita. Sebenarnya jika shalat umat Islam lebih terpelihara, maka shalat itu akan memberikan kebaikan dan meningkatkan kinerja masyarakat kita yang muaranya tentu kita harapkan peningkatan ekonomi ummat itu sendiri," cetus Wan Syaiful yang pernah menjabat Ketua MUI Rohil periode 2001-2006 silam.

Setelah menyusun dan melengkapi kepengurusan MUI Rohil, H Wan Syaiful juga akan membentuk kepengurusan baru MUI di seluruh kecamatan yang ada di Rohil karena sudah 11 tahun kepengurusan MUI di tiap kecamatan di Rohil tidak pernah dilakukan pembaruan. "Kita juga akan memperbaharui kepengurusan MUI di tiap-tiap kecamatan yang ada di Rohil. Yah, kita menginginkan ada semacam penyegaran kepengurusan," katanya.

Di kesempatan terpisah, Penasehat MUI Rohil H Agustiar mengharapkan kepengurusan MUI Rohil yang baru agar dapat menjalankan berbagai program yang akan disusun dalam waktu dekat sehingga diharapkan organisasi itu jadi tempat berkumpulnya para ulama dan para cendekiawan muslimuntuk tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

"Harapan kita supaya MUI Rohil itu dapat menjalankan berbagai programnya dengan baik sehingga ummat Islam dapat merasakan manfaat adanya MUI di tengah-tengah masyarakat kita. Apalagi MUI itu juga tumpuan masyarakat dalam menjalankan berbagai aktifitas sesuai Quran dan hadits," kata H Agustiar yang juga Kepala Kementerian Agama Rohil.

Pemilihan ketua dan kepengurusan MUI Rohil, berlangsung di Hotel Armaroza Bagansiapiapi, Jumat (28/12) malam dengan menghasilkan komposisi kepengurusan: Ketua H Wan Syaiful, Sekretaris Buchory dan Bendahara Ucok Indra. Sebelumnya, Ketua MUI Rohil dijabat oleh H Mukhanif.