Waspada, ruas Jalan Lobak Pekanbaru amblas usai diguyur hujan deras

id Jalan amblas, jalan pekanbaru amblas, jalan lobak

Waspada, ruas Jalan Lobak Pekanbaru amblas usai diguyur hujan deras

Ruas jalan Lobak yang amblas. (ANTARA/Annisa)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebuah ruas di Jalan Lobak di Kota Pekanbaru amblas sedalam sekitar meter pada Senin pagi dikarenakan hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Provinsi Riau ini semalaman.

Jalan yang amblas kurang lebih selebar 15 meter persegi dan mengakibatkan arus lalulintas tersendat dikarenakan pengguna jalan hanya bisa menggunakan satu sisj jalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota PekanbaruSyamsulAsyri menjelaskan kejadian itu dikarenakan volume air pada drainase yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan tanah tergerus dan menyebabkan permukaan jalan amblas.

"Gerusan mengakibatkan tembok penahan dinding drainase patah sehingga jalan menjadi amblas. Karena posisi di penurunan, badan jalan tergerus oleh air yang meluber," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Syamsul juga mengatakan berdasarkan informasi dari masyarakat tidak ada orang di sekitar lokasi saat jalan itu amblas. Masyarakat dengan inisiatifnya langsung memasang rambu untuk memberi tanda pada pengguna jalan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut Syamsulmengatakan Bina Marga akan melakukan penanganan secepatnya dengan mendatangkan alat berat untuk perbaikan jalan tersebut.

"Perbaikan jalan dimulai hari ini dengan diawali pengecekan kondisi, penyusunan rencana dan langsung penanganan. Kami dahulukan untuk mengatasi macetnya terlebih dahulu, lalu konstruksinya. Kami usahakan secepatnya. Perkiraan waktu konstruksi ialah satu minggu," tutup Syamsul.

Baca juga: Polresta Pekanbaru terbakar!

Baca juga: Banjir menggenangi ruas jalan Pekanbaru