Warga diminta tetap prokes walau 52 kelurahan Pekanbaru zona hijau COVID-19

id 52 kelurahan,Prokes pekanbaru, pekanbaru, covid pekanbaru

Warga diminta tetap prokes walau 52 kelurahan Pekanbaru zona hijau COVID-19

Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru. (ANTARA/HO-pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Pekanbaru terus melandai dari awalnya ratusan per hari, kini tinggal satu digit, kondisi ini juga telah membawa 52 kelurahan setempat kini berada dalam zona hijau penularan, atau sama sekali nihil kasus terkonfirmasi.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menghimbau warga tetap disiplin pada protokol kesehatan (prokes), walau hampir 80 persen kelurahan nihil penularan.

"Kita bersyukur saat ini sudah terdapat sebanyak 52 dari total 83 kelurahan yang ada masuk zona hijau sebaran wabah COVID-19," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan Arnaldo, membaiknya kondisi Pekanbaru saat ini tidak boleh disambut euforia berlebihan, sehingga membuat lengah dan abai pada prokes. Sebab saat ini masih terdapat 27 kelurahan lainnya berstatus zona kuning dengan tingkat resiko penularan rendah, dan empat kelurahan masih di zona oranye dengan tingkat resiko penularan sedang.

"Empat kelurahan zona oranye yang berpotensi menularkan COVID-19 ini harus diwaspadai karena akses dan mobilitas masyarakat ke zona hijau dan kuning," katanya.

Adapun empat Kelurahan tersebut Lembah Sari, Perhentian Marpoyan, Delima dan Sidomulyo Barat.

"Jadi tetapkan disiplin prokes dan terapkan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi, semoga pada saatnya nanti seluruh Pekanbaru zona hijau," katanya.

Berdasarkan data yang rangkum ANTARA dari Diskes Kota Pekanbaru adapun 52 kelurahan zona hijau tersebut terdiri dari Kelurahan Agrowisata, Air Dingin, Air Putih, Bambu Kuning dan Bandar Raya.

Kemudian Kelurahan Bencah Lesung, Binawidya, Cinta Raja, Harjosari, Industri Tenayan, Jadirejo, Kampung Baru, Limbungan Baru, Maharani, Melebung, Mentagor, Muara Fajar Barat, Muara Fajar Timur, Padang Terubuk, Palas, Pebatuan, Pulau Karomah, Rumbai Bukit, Sago, Sekip, Sialang Munggu, Sialang Rampai dan Sidomulyo Timur.

Selanjutnya Kelurahan Tanah Datar, Tangkerang Utara, Tanjung Rhu, Tebing Tinggi Okura, Tirta Siak, Tobek Godang, Tuah Madani, serta Tuah Negeri.

Sementara untuk 27 kelurahan zona kuning yakni Kelurahan Simpang Tiga, Simpang Baru, Tangkerang Timur, Tangkerang Barat, Lembah Damai, Maharatu, Rejosari, Sukamulya, Tangkerang Selatan, Tangkerang Tengah, Tuah Karya, Air Hitam, Kampung Bandar, Kampung Tengah, Labuhbaru Barat, Labuhbaru Timur, Meranti Pandak, Padang Bulan, Pematang Kapau, Pesisir, Rantau Panjang, Rintis, Sialang Sakti, Sri Meranti, Tangkerang Labuai, Umban Sari dan Wonorejo.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021