Dinkes Riau : Masyarakat Jangan takut berobat ke RS

id Diskes Riau,takut berobat ke rumah sakit

Dinkes Riau : Masyarakat Jangan takut berobat ke RS

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yulianimeminta masyarakat menghilangkan stigma takut berobat ke rumah sakit karena tenaga kesehatan di setiap rumah sakit di daerah itu sudah terlindungi dari ancaman COVID-19.

"Sebab sekarang kita bisa memastikan bahwa tenaga kesehatan di Riau sudah terlindungi, sebab mereka sudah divaksinasi, dan capaian vaksinasi bagi tenaga kesehatan menjadi prioritas. Jadi masyarakat sudah tidak perlu takut untuk berobat ke rumah sakit hanya karena alasan di rumah sakit itu tidak aman dari COVID-19," kata Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Mimi mengakui bahwa wajar jika sigma "takut berobat" ke rumah sakit itu muncul di masyarakat, terutama masyarakat yang berdiam di daerah.

Namun demikian, katanya, Pemprov Riau terus mendorong agar para dokter, tenaga kesehatan dan pemerintah daerah, terus memberikan sosialisasi agar pemahaman masyarakat terhadap stigma seperti itu segera luntur.

"Sejak wabah COVID-19 melanda ada banyak informasi hoakstentang virus coronamenyebar di tengah masyarakat. Minimnya literasi kepada masyarakat menjadi salah satu penyebab informasi menyesatkan itu terjadi," katanya.

Menurut Mimi, pemerintah telah menetapkan ketentuan berlaku kepada setiap rumah sakit dalam memberikan pelayanan optimal kepada pasien di tengah pandemi COVID-19. Ketentuan tersebut telah mempertimbangkan segala aspek keamanan masyarakat saat mereka berobat ke rumah sakit.

"Sekarang angka kasus COVID-19 di Riau sudah menurun jauh. Jadi saya rasa tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan masyarakat jika ingin berobat ke rumah sakit. Akan tetapi protokol kesehatan tetap harus diterapkan, apalagi sekarang warga sudah sadar tidak susah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Itu juga demi kesehatan kita," katanya.

Baca juga: PPKM 10 daerah di Riau naik level 3, Pekanbaru dan Dumai masih level 2

Baca juga: Positif COVID-19 di Riau bertambah 35 orang


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021