1.114 personel amankan Pilkades Kabupaten Bandung

id Pilkades,kabupaten bandung,personel,bupati bandung,dadang supriatna,polresta bandung

1.114 personel amankan Pilkades Kabupaten Bandung

Sebanyak 1.114 personel disiapkan guna mengamankan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (18/10/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bandung)

Bandung (ANTARA) - Sebanyak 1.114 personel gabungan yang terdiri dari aparat Polresta Bandung, Polda Jabar, dan aparatur wilayah lainnya disiapkan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bandung pada 20 Oktober 2021 mendatang.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan penerjunan sejumlah personel tersebut dalam rangka menjaga kondusifitas penyelenggaraan pesta demokrasi di 49 desa pada 24 kecamatan.

"Alhamdulillah semuanya sudah matang. Bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan unsur kecamatan, kami sudah melakukan evaluasi, baik dari kesiapan personel hingga capaian vaksinasi di setiap daerah," kata Dadang di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Adapun seribuan personel yang disiagakan itu terdiri dari 667 petugas dari unsur Polresta Bandung, 210 petugas dari Polda Jabar dan 267 petugas dari instansi lainnya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan pilkades, dan mengimbau untuk ikut menjaga keamanan wilayah. Dia mengungkapkan vaksinasi di desa penyelenggara pilkades rata-rata sudah hampir mencapai 70 persen.

“Tanggal 20 nanti adalah hari libur. Jadi, silakan datang ke TPS, tentunya dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI dan pemerintah daerah untuk mempertahankan kondusifitas pada daerah penyelenggara pilkades.

Menurut dia, tingkat kerawanan pada pelaksanaan pilkades di sejumlah desa yang menyelenggarakan cukup tinggi. Oleh karenanya ia beserta jajarannya akan memberikan perhatian khusus pada 49 desa penyelenggara pilkades.

"Protokol kesehatan juga akan kami tingkatkan, salah satunya besok akan ada tes usap antigen bagi petugas keamanan atau petugas penyelenggara untuk memastikan dalam kondisi sehat," kata Hendra.
Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2021