Mendagri Tito Karnavian tegaskan negara menjamin hak yang sama bagi penyandang disabilitas

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Tito Karnavian

Mendagri Tito Karnavian tegaskan negara menjamin hak yang sama bagi penyandang disabilitas

Pendamping membantu seorang penyandang disabilitas untuk menuju lokasi gebyar vaksin bagi disabilitas di SLBN Cicendo, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan negara telah menjamin perlakuan dan hak yang sama terhadap penyandang disabilitas.

Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta Senin, berharap semua level pemerintahan memberikan kemudahan akses, mobilitas, dan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya.

"Kita menjamin perlakuan yang sama, hak yang sama, tanpa membedakan latar belakang termasuk juga masalah kondisi," kata Mendagri Tito Karnavian.

Baca juga: Bulan, Anak Difabel yang Diberi Kursi Roda oleh Presiden Berkesempatan Bertemu Langsung

Menurut Mendagri, negara harus memberikan kenyamanan bagi penyandang disabilitas untuk dapat menjalankan aktivitasnya lewat kebijakan pembangunan yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Ia juga mengatakan peran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini sangatlah sentral untuk memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan di daerah untuk dapat membuat produk kebijakan pembangunan yang menjamin hak-hak penyandang disabilitas tersebut.

"Kita berharap semua daerah tingkat provinsi, kabupaten/kota, sampai ke desa-desa memiliki awareness, kesadaran penting untuk memberikan hak yang sama kepada saudara-saudara kita yang disable," katanya.

Ia mengatakan setelah negara menjamin perlakuan dan hak yang sama terhadap penyandang disabilitas lewat dukungan produk kebijakannya, maka para penyandang disabilitas diharapkan menjadi masyarakat yang produktif dan memberikan kontribusi dalam pembangunan sesuai dengan potensinya masing-masing.

Menurut dia, keterbatasan bukanlah menjadi suatu halangan bagi warga negara untuk berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan.

"Saya selaku Mendagri tentu akan bekerja semaksimal mungkin, mendorong pemerintah daerah untuk aware, peduli dulu, sadar dulu, bahwa mereka adalah potensi," ucapnya

Baca juga: Wow, disabel ini ciptakan alat baca bahasa isyarat

Baca juga: Puluhan disabilitas jadi penyelenggara Pemilu 2019 di Riau