BPBD Riau minta warga bantaran sungai waspada banjir

id BPBD Riau,Banjir riau, banjir

BPBD Riau minta warga bantaran sungai waspada banjir

Sejumlah petugas menolong perempuan yang menjadi korban banjir di Riau. (ANTARA/HO-BPBD Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir karena daerah setempat saat ini sudah musim hujan.

"Ada dua daerahdi Riau yang memiliki potensi banjir, yakni Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir," kataKepala BPBDRiau M.Edy Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan sejumlah wilayah di Riau juga masuk dalam ancaman tanah longsor, seperti Kabupaten Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, dan Kuansing.

Pihaknya sudah mengirim surat ke seluruh kabupaten dan kota di Riau, sebagai upaya peringatan dini potensi bencana, agar ada kesiapsiagaan menghadapi ancaman banjir dan tanah longsor.

"Sebagai peringatan dini dan kesiapansiagaan tersebut semua daerah di Riau dapat melakukan upaya pencegahan dalam meminimalisasi dampak ancaman bencana banjir dan tanah longsor yang diprediksi akan muncul di kabupaten kota tersebut," katanya.

Ia meminta pemerintah daerah di Riau melakukan upaya-upaya pencegahan banjir dan longsor, guna meminimalisasi kerugian harta benda dan mencegah jatuhnya korban jiwa.

Baca juga: PTPN V salurkan bantuan ke korban banjir bandang Kampar

Baca juga: Badai Ida kejutkan warga New York dengan bencana banjir