Peparnas: Arena Pertandingan Masih Dalam Penyempurnaan

id peparnas arena, pertandingan masih, dalam penyempurnaan

Peparnas: Arena Pertandingan Masih Dalam Penyempurnaan

Pekanbaru, (antarariau) - Ketua Umum Panitia Besar (PB) Peparnas Riau Emrizal Pakis di Pekanbaru menyatakan saat ini seluruh arena pertandingan telah siap dan dirasa optimal namun tim infrastruktur akan tetap melakukan upaya penyempurnaan.

"Intinya seluruh venue (arena) pertandingan telah siap dan sangat laik untuk difungsikan saat pelaksanaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV 2012 Riau. Hanya saja, ada beberapa 'venue' yang akan dilakukan penyempurnaan," kata Emrizal di Pekanbaru pada Senin.

Peparnas XVI 2012 di Riau pada 7 hingga 13 Oktober rencananya akan mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga diantaranya yakni angkat berat, atletik, boling, bulu tangkis, catur, futsal, panahan, renang, tenis kursi roda, tenis meja, serta volli duduk.

Nantinya, demikian Emrizal, seluruh cabang olahraga akan dipertandingan di Kota Pekanbaru yang tersebar di beberapa lokasi.

Hanya saja, kata dia, ada beberapa cabang olahraga yang rencananya akan dilaksanakan di satu lokasi sehingga harus diupayakan fasilitasnya memuaskan.

Untuk itu, kata Emrizal, tim infrastruktur sampai saat ini terus melakukan penyempurnaan yang diharapkan akan memberikan kepuasan bagi seluruh kontingen asal sejumlah wilayah provinsi.

"Seperti adanya toilet. Hal ini kecil namun harus diperhatikan untuk memberikan kesan kepuasan bagi pengunjung dan kontingen," katanya.

Untuk diketahui, demikian Emrizal, Peparnas merupakan 'event' olahraga bagi kalangan atlet dengan kondisi fisik yang kekurangan. "Untuk itu dibutuhkan sarana yang khusus agar mereka (para atlet) dapat mempermudah segala aktivitasnya," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk persiapan pertandingan tiap cabang olahraga, sampai saat ini sejumlah panitia pelaksana juga tengah berupaya melakukan optimalisasi perlengkapan yang dibutuhkan.

Kemudian berkaitan dengan upacara pelaksanaan, kata dia, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan segala sesuatunya.

"Termasuk didalamnya yakni api Peparnasnya juga telah disiapkan. Bahkan hingga konsumsi atau akomodasi telah dipersiapkan sematangnya," kata dia.

Untuk akomodasi menurutnya juga akan lebih dimantapkan lagi mengingat adanya perhatian khusus untuk para atlet yang akan berlaga.

Pada Peparnas XVI 2012 di Riau, sebanyak 2.000 peserta yang terdiri dari atlet dan ofisial dari 33 provinsi di Indonesia akan turut ambil bagian.

"Jumlah atlet paralympian yang ikut serta mencapai 1.300 orang, ditambah ofisial seluruhnya jadi 2.000 orang," demikian Ketua Panitia Besar (PB) Peparnas XIV/2012, Jaya Kesuma.