Pekanbaru siagakan empat Puskesmas antisipasi lonjakan COVID-19

id Empat puskesmas,puskesmas pekanbaru,pekanbaru

Pekanbaru siagakan empat Puskesmas antisipasi lonjakan COVID-19

(Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra. (ANTARA/HO-Pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siagakanempat Pusat layanan masyarakat (Puskesmas) guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 setempat.

"Selain Asrama Haji yang kini sudah digunakan, akan ada tambahan lagi empat Puskesmas lagi," kata kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan dipersiapkannya empat Puskesmas tersebut untuk dijadikan ruang isolasi khusus pasien COVID-19 serta mengantisipasi kekurangan ruang isolasi khusus di rumah sakit.

"Empat Puskesmas rawat inap tersebut yakni Puskesmas Sapta Taruna, Puskesmas Karya Wanita, Puskemas Rejosari dan Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap," sebutnya.

meski demikian, diakuinya, sejauh ini sebenarnya ketersediaan ruang rumah sakit masih sanggup menampung pasien yang ada. Apalagi kapasitas di Asrama Haji Antara Riau masih bisa digunakan.

Selain itu, lanjut Arnaldo, Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menyiapkan ratusan ruang di Rusunawa Rejosari sebagai tempat isolasi pasien COVID-19.

"Ada 360 ruang bagi pasien yang hendak isolasi di sana, sekarang baru terisi 50 ruangan," tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan selain Asrama Haji, Pemprov Riau juga akan menyiapkan Gelanggang Remaja jika terjadi ledakan kasus COVID-19.

"Kita juga akan bangun rumah oksigen di kompleks Lanud Roesmin NurjadinPekanbaru," katanya.

Syamsuar mengimbau masyarakat tidak perlu kuatir karena pemerintah akan menangani mereka yang terkonfirmasi COVID-19.

"Kami akan urus agar mereka cepat sembuh dan tentunya bagi yang lain saat patuhilah protokol kesehatan, terapkan 5 M pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, dan cegah mobilitas interaksi," tukasnya.

Baca juga: Penyekatan PPKM timbulkan kemacetan dan kerumunan, DPRD Riau minta dievaluasi

Baca juga: Pengabdian masyarakat, Tim Kukerta UR lakukan fogging di Kelurahan Delima Pekanbaru
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021