LG selesaikan kesepakatan penjualan saham dengan Magna International

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, LG

LG selesaikan kesepakatan penjualan saham dengan Magna International

Magna. (ANTARA/Reuters.)

Jakarta (ANTARA) - LG Electronics Inc telah menyelesaikan kesepakatan penjualan saham dengan pembuat suku cadang mobil Kanada Magna International Inc terkait usaha patungan powertrain kendaraan listrik mereka.

Dikutip dari Yonhap, Kamis, raksasa teknologi Korea Selatan itu mengumumkan bahwa Magna telah mengakuisisi 49 persen saham di LG Magna e-Powertrain Co. senilai 453 juta dollar AS berdasarkan perjanjian usaha patungan mereka.

Baca juga: LG Electronics umumkan untuk menutup unit bisnis seluler

LG Magna e-Powertrain didirikan pada 1 Juli setelah LG memisahkan bisnis suku cadang kendaraan listriknya yang mencakup modul distribusi daya tinggi dan pemanas baterai. LG akan mempertahankan 51 persen saham dalam usaha patungan tersebut.

Berkantor pusat di Incheon, 40 kilometer sebelah barat Seoul, LG Magna e-Powertrain akan memiliki sekitar 1.000 pekerja untuk meneliti dan memproduksi produk powertrain, seperti motor dan inverter, dan pengisi daya terpasang untuk kendaraan listrik.

Usaha patungan ini memiliki dua anak perusahaan yakni LG Magna Nanjing e-Powertrain Vehicle Components Co. dan LG Magna e-Powertrain USA Inc.

LG mengatakan perusahaan patungan itu akan secara resmi menunjuk eksekutif manajemennya pada rapat dewan bulan depan.

LG mengatakan Cheong Won-suk, yang telah memimpin bisnis powertrain kendaraan listrik di unit solusi komponen kendaraan perusahaan, akan menjadi CEO dari usaha patungan tersebut.

Baca juga: Hyundai dan LG sepakat untuk berbagi biaya penggantian baterai kendaraan listrik

Sementara Javier Perez, yang telah mengawasi produksi dan manajemen kualitas Magna di Asia, akan menjadi CEO untuk usaha patungan tersebut.

LG ingin meningkatkan daya saingnya di sektor mobilitas masa depan dengan tiga pilar utama, yaitu infotainment, powertrain, dan sistem pencahayaan otomatis.

Melalui usaha patungan dengan Magna yang mencakup sektor kereta listrik, ZKW Group, sebuah perusahaan berbasis di Austria yang diakuisisi LG pada 2018, akan memimpin bisnis pencahayaan otomotif.

Unit solusi komponen kendaraan LG yang telah ada akan fokus pada pengembangan sistem infotainment untuk kendaraan masa depan.

Baca juga: Mobil listrik Geely akan gunakan baterai dari produsen baterai Korea Selatan LG