PON: Karate Sulsel Lampui Target

id pon karate, sulsel lampui target

Pekanbaru, (antarariau) - Cabang olahraga karate berhasil melampaui target dengan merebut enam enam medali emas dari tiga emas yang dibebankan KONI Sulawesi Selatan pada PON XVIII 2012 di Riau.

Ketua Harian Pengprov Forki Sulsel Ellong Tjandra di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan, karate telah mempersembahkan hasil sangat membanggakan, keluar sebagai juara umum dengan merebut enam medali emas, dua perak dan satu perunggu.

"Hasil ini sangat luar biasa bagi kami, sebagai buah dari kerja keras pengurus, pelatih dan atlet dalam mengikuti latihan, sehingga kita bisa memetik buahnya di PON tahun ini, "ujar Ellong yang juga Dirut Bank Sulsel mengementari sukses yang ditorehkan tim karate Sulsel di PON Riau.

Prestasi gemilang yang diraih tim karate Sulsel dipersembahkan Faizal Zainuddin di nomor kata perorangan putra yang sukses meraih "hattrick atau tiga PON secara berturut-turut merebut medali emas.

Prestasi serupa kembali dipersembahkan Faizal di nomor kata beregu putra bersama trionya Aswar dan Fidelis Lolobua yang juga merebut emas tiga penyelenggaraan PON secara berturut-turut yakni PON XVI 2004 Palembang (Sumsel), PON XVII 2008 Kaltim dan PON XVIII 2012 Riau .

Menurut Ellong, sukses yang direbut tim karate Sulsel di PON tersebut, sehingga PB Forki memanggil delapan atlet mengikuti Pelatnas menghadapi kejuaraan karate Asia Tenggara (SEAKF) di Bangkok Thailand 28-30 September 20012 dan kejuaraan karate dunia (WKF) di Paris Prancis November mendatang.

Medali emas yang diraih Sulsel masing-masing dari nomor kata perorangan dan kata beregu putra, kata beregu putri, kumite perorangan putra kelas dibawah 84 kg atas nama Hendro Agussalim dan kumite beregu putra, kumite perorangan putri kelas dibawah 61 kg yang direbut Ayu Safitri.

Sementara dua medali perak dari kumite perorangan diatas 84 kg melalui Teguh dan Wiwiek dari kelas diatas 68 kg kumite peroangan putri serta satu medali perunggu dari kumite beregu putri.