Operasi pencarian korban gedung runtuh di Florida dihentikan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, gedung runtuh

Operasi pencarian korban gedung runtuh di Florida dihentikan

Usaha pencarian dan penyelamatan korban gedung Champlain Towers South yang runtuh di Surfside, Florida, Amerika Serikat, 5 Juli 2021. (ANTARA/REUTERS/Marco Bello)

Miami (ANTARA) - Dinas kebakaran dan penyelamatan Miami-Dade County, Florida, AS, mengumumkan penghentian operasi pencarian jenazah korban di reruntuhan gedung kondominium yang roboh pada 24 Juni dan menewaskan sedikitnya 97 orang.

Otoritas mengatakan satu korban masih diyakini belum ditemukan. Kepolisian setempat akan terus menyisir sisa-sisa reruntuhan untuk mencari jenazah dan barang-barang pribadi korban, kata pejabat dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Jumlah korban tewas akibat gedung runtuh di Florida bertambah

Operasi pencarian sepanjang waktu oleh dinas kebakaran di lokasi kondo tepi-pantai Champlain Towers South itu dihentikan empat minggu satu hari setelah gedung 12 lantai berusia 40 tahun tersebut runtuh pada sekitar pukul 1.30 saat penghuninya terlelap.

"Pada tahap ini di dalam proses pemulihan, tantangan untuk mengidentifikasi korban makin meningkat, dan kami sangat bergantung pada dinas pemeriksaan medis dan proses teknis ilmiah untuk mengidentifikasi jenazah," kata Wali Kota Miami-Dade Daniella Levine Cava dalam pernyataannya.

Dia memuji tim pencarian dan pemulihan sebagai "pahlawan super sejati".

Baca juga: Korban tewas akibat gedung runtuh di Florida jadi 12 orang, 149 masih hilang

Tak satu pun korban ditemukan masih hidup dari reruntuhan sejak beberapa jam setelah kejadian, dan otoritas secara resmi menutup peluang menemukan penyintas pada 7 Juli.

Para pejabat setempat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jumlah kematian terkonfirmasi mencapai 97 orang, mencakup 96 korban yang diangkat dari reruntuhan dan satu lainnya meninggal saat dirawat di rumah sakit.

"Kami yakin masih ada satu korban yang belum ditemukan," kata pernyataan itu.

Para penyelidik belum memastikan apa penyebab dari runtuhnya gedung berisi 136 unit tempat tinggal itu. Sebuah laporan pada 2018 menemukan sejumlah kerusakan struktur yang kini jadi fokus penyelidikan.

Musibah itu telah mendorong para pejabat di seluruh Florida Selatan untuk memeriksa gedung-gedung apartemen dan mencari tanda-tanda kerusakan atau kelemahan struktur.

Baca juga: Tak ada peluang temukan penyintas di gedung yang runtuh Florida

Sumber: Reuters