PON: Yogyakarta Target Tiga Emas Taekwondo

id pon yogyakarta, target tiga, emas taekwondo

Pekanbaru, (antarariau) - Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan perolehan tiga medali emas cabang taekwondo pada PON XVIII, yang dijadwalkan mulai bertanding pada Jumat (14/9).

"Target kami tiga emas, itu berdasarkan hasil di Pra PON sebelumnya," kata Manajer Tim Taekwondo Yogyakarta, Wesley Tauntu setelah melakukan sesi latihan di Islamic Center UIN Syarif Kasim, Pekanbaru.

Menurut dia, Yogyakarta berhasil meraih dua emas dan lima perunggu pada pra PON Desember 2011. "Mereka yakin bisa memperbaiki perolehan emas tersebut, terutama setelah melakukan berbagai latihan intensif" katanya.

Selain itu, Tim Taekwondo Yogyakarta juga memiliki dua atlet yang pernah sukses mengharumkan nama Indonesia pada SEA Games 2011, mereka adalah Dani Harsono mendapat medali emas dan Lia Mansyur meraih perak.

"Fisik dan performa atlet Yogya saat ini juga sedang dalam kondisi terbaik," ujar Wesley.

Yogyakarta akan berlaga di 10 nomor dari 18 nomor yang dipertandingkan pada kejuaraan Taekwondo PON VXIII.

Menurut Wesley, komposisi atlet Yogya yaitu enam putri masing-masing di kelas fly, bantam, feather, light, welter, middle dan poomsae. Untuk atlet putra masing-masing berlaga di kelas bantam, feather dan poomsae.

Dalam hal kendala, Wesley mengungkapkan bahwa Tim Yogyakarta hanya belum terbiasa dengan peraturan Protector Score System (PSS) yang baru digunakan dalam PON kali ini. Apalagi, menurutnya panitia terlambat memberitahukan perubahan peraturan tersebut karena baru dua bulan lalu PSS disosialisasikan.

"Cuaca disini juga lebih panas dari Yogya, secara tidak langsung pasti mempengaruhi stamina atlet," ungkap Wesley.