Olimpiade: (Taekwondo) - Atlet Turki Tazegul Raih Emas

id olimpiade taekwondo, - atlet, turki tazegul, raih emas

London, 10/8 (ANTARA/Reuters) - Atlet dari Turki Servet Tazegul meraih medali emas kelas bulu tawkwondo Olimpiade London, Kamis, setelah mengalahkan atlet dari Iran Mohammad Baghrei Motamed di babak final dan unggul dengan angka 6-5.

Tazegul, atlet taekwondo nomor satu dunia dan peraih medali perunggu di Beijing, mengalahkan atlet dari Inggris Martin Stamper untuk maju ke babak final pada kelas -68 kg itu.

Gerakannya yang agresif dan tendangan cepat, kelihatan terlalu berat untuk diatasi Motamed, yang juga dikalahkan Tazegul pada kejuaraan dunia di Korea Selatan.

Tazegul mengatakan, ia mempersembahkan medali emas itu untuk ibunya, yang meninggal awal tahun ini.

"Saya kehilangan ibu saya dua bulan lalu. Saya benar-benar menginginkan medali emas ini untuk saya persembahkankepadanya," katanya, "Tetapi saya mengalami hari-hari yang berat, apalagi tidak banyak waktu untuk berlatih dan saya mengalami cedera."

Rohullah Nikpai, yang memenangkan medali pertama Afghanistan ketika meraih medali perunggu di Beijing, mendapatkan perunggu lainnya lewat kompetisi "repechage", bersama pemain dari Amerika American Terrence Jennings.

"Olimpiade selalu terasa amat spesial. Saya gembira, saya akan membawa pulang medali ini," kata Nikpai.

"Saya kira saat ini rakyat Afghanistan sedang berjoget," katanya.