Pesawat AU Filipina yang jatuh pada Minggu menewaskan 47, lukai 49

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pesawat jatuh

Pesawat AU Filipina yang jatuh pada Minggu menewaskan 47, lukai 49

Petugas kesehatan membawa korban jatuhnya pesawat Lockheed C-130 Angkatan Udara Filipina di Patikul, provinsi Sulu, Filipina (4/7/2021). (ANTARA FOTO/Armed Forces of the Philippines - Joint Task Force Sulu/Handout via REUTERS /aww.)

Manila (ANTARA) - Pesawat Angkatan Laut Filipina yang mengangkut 96 penumpang dan jatuh pada Minggu (4/7), menewaskan 47 orang, demikian menurut panglima militer Cirilito Sobejana, Senin.

Sebanyak 49 anggota militer terluka dalam insiden tersebut, kata Sobejana kepada Reuters.

Baca juga: Pesawat latih sipil jatuh di kawasan area Bumi Perkemahan Cibubur Jabar

Departemen Pertahanan Nasional pada Minggu mengatakan tiga warga sipil di lapangan juga ikut tewas, sementara empat lainnya cedera.

Pesawat angkut Lockheed C-130, yang membawa pasukan operasi kontra pemberontakan, melampaui landasan pacu setelah mendarat di bandara Jolo di Provinsi Sulu selatan, menurut juru bicara militer, Kolonel Edgar Arevalo.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan telah menginstruksikan penyelidikan, yang mulai dilakukan setelah operasi pencarian dan penyelamatan selesai.

Militer tidak melihat adanya tanda-tanda serangan terhadap pesawat.

Sulu, sekitar 950 km selatan Ibu Kota Manila, merupakan benteng milisi kelompok Abu Sayyaf, yang terkenal atas pembajakan dan terlibat bentrok dengan militer.

Baca juga: Korban pesawat Sriwijaya Air asal Pekanbaru merupakan pengantin baru

Baca juga: Tim mulai temukan jenazah korban Sriwijaya Air


Sumber: Reuters