Penyelenggara tes CPNS diminta gandeng Satgas COVID-19 Riau

id Riau,Pan riau, dprd riau, satgas covid riau

Penyelenggara tes CPNS diminta gandeng Satgas COVID-19 Riau

Suasana Tes SKD Tes CPNS di Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah telah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada bulan ini. Penyelenggaraan tes CPNS dan PPPK juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Riau Zulfi Mursal menyambut baik dilaksanakannya penerimaan CPNS dan PPPK ini. Meski begitu, karena seleksinya dilakukan pada saat pandemi, pihaknya meminta panitia penyelenggara bekerjasama dengan Satgas COVID-19.

"Panitia penerimaan CPNS dan P3K, kami minta untuk bekerjasama dengan Satgas COVID-19 Provinsi Riau. Harus diterapkan skema khusus dalam seleksi di masa pandemi ini, kemudian protokoler kesehatan juga diketatkan, mulai dari pengukuran suhu, pakai masker, menjaga jarak, dan disiapkan tempat cuci tangan di tempat tes," kata Zulfi Mursal di Pekanbaru, Jumat.

Dia mewanti-wanti agar tes ini tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19. Untuk itu, harus saling berkoordinasi untuk mengantisipasi hal ini.

"Dalam seleksi ini nanti pasti ada kerumunan. Nah ini yang harus diantisipasi jangan sampai terjadi penyebaran COVID-19. Harus diatur betul pelaksanaannya," paparnya.

Zulfi juga mengimbau kepada panitia untuk profesional dalam menyelenggarakan seleksi sehingga nantinya yang lolos tes CPNS dan P3K, memang berasal dari orang-orang yang berkompeten.

"Bagi seluruh masyarakat Riau saat ini ada kabar gembira bahwa sudah mulai pembukaan CPNS dan PPPK. Oleh karena itu, kita berharap bisa dimanfaatkan oleh calon-calon pencari kerja. Mudah-mudahan panitia penyelenggara bisa bersikap netral dan mengutamakan kemampuan dari seluruh calon," ucap Anggota Komisi I DPRD Riau yang juga membidangi pemerintahan itu.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi abdi negara, ucapnya, agar jangan ragu untuk mengikuti seleksi ini.

"Hilangkan image-image negatif tentang penerimaan CPNS ini. Jangan berfikir ada orang dalam atau segala macam. Sekarang hasil tes ini kan sudah transparan langsung keluar hasilnya dan bisa dilihat. Jadi silahkan mengikuti dan mempersiapkan diri," ucapnya.