Bupati Meranti jajaki peluang beasiswa anak daerah di UMRI

id Umri, bupati meranti, berita viral meranti

Bupati Meranti jajaki peluang beasiswa anak daerah di UMRI

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil menerima sebuah tanda mata dari Rektor UMRI Mubarak. (ANTARA/HO-Pemkab Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil menjajaki peluang beasiswa anak daerah melalui kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah setempat.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Bupati dan rombongan ke kampus UMRI di Pekanbaru, Rabu (9/6) sore. Kunjungan tersebut memanfaatkan celah waktu sebelum terbang ke Jakarta untuk menghadiri rapat di Kemendagri.

Bupati didampingi beberapa jajaran pejabat di Pemkab Kepulauan Meranti. Mereka disambut baik oleh pihak Kampus UMRI.

Di sela itu, Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi mengatakan di kampusnya memiliki sekitar 8.000-an mahasiswa baik dari Riau, Sumatera bahkan dari Pulau Jawa. Jumlah mahasiswa asal Meranti hanya sekitar 200.

"Jumlah ini masih sangat kecil dan kami berharap semakin banyak anak Meranti kuliah di sini karena ada berbagai jurusan yang dapat menunjang perkembangan pembangunan daerah," kata Mubarak.

Di antara jurusan pendidikan yang tersedia adalah Teknik Informasi, Keperawatan, dan Kebidanan yang merupakan jurusan baru. UMRI sendiri memiliki delapan fakultas dengan 26 jurusan.

"Kami juga memiliki program beasiswa dimana kami langsung mendatangi calon mahasiswa yang akan diberikan beasiswa. Tujuan kami untuk menjadi perguruan tinggi yang bermarwah dan bermartabat. Ini sejalan dengan visi pak Bupati Meranti yang ingin menjadikan Meranti Maju Cerdas dan Bermartabat," tambah dia.

Sedangkan Bupati Adil mengaku terkesan dengan perkembangan UMRI. Dia melihat UMRI berkembang pesat menjadi salah satu perguruan tinggi besar di Riau.

Untuk itulah Bupati Adil mengaku sangat tertarik menjalin kerjasama peningkatan SDM daerah dengan UMRI.

"Salah satu program strategis kita mewujudkan Meranti cerdas adalah dengan menyediakan beasiswa untuk 5.000 orang jejang S1, S2, dan S3. Salah satu jurusan yang dibutuhkan itu adalah teknologi informasi untuk mendukung program Meranti Smartcity. Kami juga masih membutuhkan banyak tenaga kesehatan," jelas Bupati.

Dalam kunjungan itu Bupati berharap pihak UMRI juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa asal Kepulauan Meranti.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar