Kanwil Pajak Riau kunjungi UMRI, ini tujuannya

id Djp riau, umri, universitas muhammadiyah riau

Kanwil Pajak Riau kunjungi UMRI, ini tujuannya

Suasana pertemuan pihak Kanwil DJP Riau dengan Universitas Muhammadiyah Riau. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Riau melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi dan menjalin kerja sama dengan Rektor dan Pengurus Tax Center Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) di Gedung Rektorat UMRI Pekanbaru, Selasa lalu (4/6).

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kanwil DJP Riau Imanul Hakim menuturkan saat ini pemahaman topik perpajakan yang masih cukup rendah di masyarakat. Kondisi ini perlu diperbaiki melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti instansi, lembaga, asosiasi maupun pihak lainnya yang salah satunya adalah perguruan tinggi termasuk UMRI di Pekanbaru.

UMRI telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembentukan Tax Center dengan Kanwil DJP Riau sejak tahun 2019 dengan ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi sosialisasi dan penyebaran informasi perpajakan, layanan konsultasi dan asistensi perpajakan, penelitian dan pertukaran informasi serta bantuan pelaksanaan program kerja DJP.

Salah satu program unggulan Tax Center dengan lingkup nasional adalah Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani). Renjani saat ini fungsinya telah diperluas untuk memberikan pelayanan dan asistensi yang lebih kepada masyarakat sekaligus timbal balik kepada relawan pajak.

Baca juga: Kanwil Pajak Riau sita harta pengemplang senilai Rp9,2 miliar

"Dengan ditingkatkannya tugas dan fungsi Renjani, kami berharap teman-teman Relawan Pajak dapat lebih mendalami perannya sebagai agen pajak. Salah satu target besar kami dalam waktu dekat adalah mengajarkan metode pencatatan/pembukuan sederhana kepada relawan pajak, lalu nanti relawan pajak akan mengedukasi dan mengasistensi masyarakat wajib pajak untuk melakukan pencatatan dan pembukuan sederhana tersebut sehingga pada saat penghitungan pajak yang harus dibayar dan pelaporan pajaknya, wajib pajak dapat dengan mudah melaksanakannya," ujar Imanul.

Sementara itu, Rektor UMRISaidulAmin menyambut baik kedatangan Tim Kanwil DJP Riau. Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Kanwil DJP Riau, Saidul menyampaikan bahwa UMRI melalui Tax Center akan senantiasa memberikan dukungan kepada program-program yang akan dilaksanakan DJP. Selain untuk mendukung perkembangan ekonomi dan kepatuhan perpajakan di Provinsi Riau.

Saidul juga mengatakan bahwa pengabdian langsung mahasiswa kepada masyarakat sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Kanwil DJP Riau kumpulkan pajak Rp4,26 triliun hingga Maret 2024