PON: Sepak Takraw - Atlet Riau pematangan di Thailand

id pon sepak, takraw -, atlet riau, pematangan di thailand

Pekanbaru (antarariau) - Sejumlah atlet cabang olahraga, khusus sepak takraw asal Riau, melakukan latihan dan uji tanding di Thailand guna pematangan untuk meraih mendali emas pada pernyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII/2012.

"Seluruh atlet takraw yang dipersiapkan saat ini tengah melakukan latihan di Thailand untuk mematangkan target meraih mendali emas di cabang itu," kata Ketua Harian KONI Riau, Yuherman Yusuf kepada ANTARA di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan, sebagian atlet takraw tersebut merupakan atlet yang telah sempat memngharumkan nama Riau pada PON sebelumnya.

Untuk pemusatan latihan hingga ke Thailand, kata dia, sengaja dilakukan agar target emas dicabang ini dapat diraih sesuai dengan yang diharapkan.

"Para atlet sepak takraw telah diberangkatkan dan latihan selama satu bulan di Thailand pada Juni 2012," katanya.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Riau, Yusmedi membenarkan pemusatan latihan atlet takraw di Thailand.

"Tujuan pemusatan latihan di Thailand itu sudah diperhitungkan sejak lama dan terwujud hingga kesempatan untuk meraih mendali emas pada PON mendatang dapat tercapai," katanya.

Sedangkan penunjukan Thailand itu, menurut dia, karena pada cabang sepak takraw sangat diperhitungkan di Asean dan Asia dan tentunya akan diunggulkan.

Bahkan Thailand juga memiliki atlet handal untuk cabang sepak takraw dan mereka bersedia untuk melakukan latih tanding.

Padahal sebelumnya, Tim Riau sudah melakukan uji tanding dengan atlet Universitas Politeknik Malaysia di GOR Rumbai, Pekanbaru.

Selain itu, tim tuan rumah juga menentang atlet asal Banten dan dari semua pertandingan tersebut Riau lebih unggul dan berada di atas rata-rata. ***3***