Gubri Berharap Seleksi Dirut Bank Riau-Kepri Dipercepat

id gubri berharap, seleksi dirut, bank riau-kepri dipercepat

Gubri Berharap Seleksi Dirut Bank Riau-Kepri Dipercepat

Pekanbaru, (antarariau) - Gubernur Riau HM Rusli Zainal berharap seleksi calon Direktur Utama Bank Riau Kepri tidak memakan waktu lama karena dikhawatirkan mengganggu pelayanan nasabah.

"Saya berharap mudah-mudahan hasil 'fit and proper test' tidak terlalu lama, karena nanti akan sangat mengganggu bagi jalannya perbankan dalam memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada seluruh masyarakat," ujarnya di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, Bank Riau Kepri sebagai salah satu bank yang ada di daerah diharapkan tidak stagnan. "Tidak boleh terjadi kemacetan, tidak boleh terjadi hambatan," katanya.

Semuanya itu, sambung gubernur, tidak akan terjadi apabila manajemen bank sudah lengkap seperti pada jabatan pucuk pimpinan atau dirut yang saat ini masih sedang diseleksi Bank Indonesia.

"Saya berharap mudah-mudahan Bank Indonesia akan dapat segera memutuskan, menetapkan setelah mendapatkan hasil yang terbaik dari 'fit and proper test' yang dilakukan saat ini," jelasnya.

Sebelumnya Bank Indonesia Provinsi Riau menyatakan, dalam waktu dekat akan mengumumkan hasil tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap kandidat direksi Bank Riau-Kepri yang sudah berlangsung sekitar dua bulan.

"Semoga tidak lama lagi hasilnya akan didapatkan dari Bank Indonesia di pusat," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Hari Utomo.

Ia menjelaskan, seleksi jajaran direksi Bank Riau Kepri dilakukan oleh tim khusus. Proses seleksi terdiri atas uji adminstrasi dan wawancara.

"Tim yang menyeleksi terdiri atas berbagai unsur. Selain dari BI pusat juga ada dari akademisi," ujarnya.

Para pemegang saham Bank Riau Kepri telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 15 Juli 2012 di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Dalam RUPS itu, salah satu agendanya membahas tentang penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Dirut menggantikan posisi Erzon yang sedang mengikuti "fit and proper test", sehingga pemegang saham menetapkan Wan Marwan sebagai Plt Dirut Bank Riau Kepri.

Nama-nama calon Dirut Bank Riau Kepri berdasarkan rekomendasi dalam RUPS-LB antara lain Erzon, Abdul Azis, Ruslan Malik dan satu nama baru yakni Fizan Noordjaelani yang merupakan Direktur Keuangan Riau Air.