Angka kemtian COVID-19 di Bengkalis terus meningkat

id pemkab bengkalis,Bengkalks

Angka kemtian COVID-19 di Bengkalis terus meningkat

Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra. (ANTARA/HO-

Bengkalis (ANTARA) - Angka kematian akibat COVID-19 terus meningkat di Kabupaten Bengkalis, satu kasus kematian bertambah pada

Rabu (5/5) sehingga totalnya menjadi 53 kasus.

"Tambahan kasus kematian akibat terkonfirmasi COVID-19 atas nama pasien 2907 Tn. SM (58) warga Kecamatan Mandau yang meninggal dunia di RSUD Mandau," ujar Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra.

Dikatakannya, angka kematian akibat COVID-19 dari tahun 2020 hingga 5 Mei 2021 mencapai 99 kasus. Sementara itu, penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 26 kasus, sehingga total mencapai 1.210 kasus. Secara akumulasi kasus terkonfirmasi tahun 2020 dan 2021 sebanyak 2.964 kasus.

Selain itu angka penambahan kasus kesembuhan sebanyak 64 pasien sehingga total angka kesembuhan dari Januari hingga 5 Mei 2021 menjadi 938 pasien. Diakumulasikan angka kesembuhan tahun 2020 dan 2021 sebanyak 2.558 pasien.

"Sebanyak 75 orang dirawat di rumah sakit, sedangkan 232 pasien melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

Secara rinci, pasien terkonfirmasi tersebar pada 6 kecamatan yakni Kecamatan Mandau sebanyak 15 kasus, Kecamatan Bathin Solapan 13 kasus, Bengkalis 12 kasus, Pinggir 9 kasus, Bukit Batu 4 kasus, Bantan 3 kasus, Siak Kecil 1 kasus dan Talang Muandau 1 kasus.

Sedangkan angka kesembuhan dari Covid-19 pada 7 kecamatan, yakni Kecamatan Mandau 21 pasien, Bathin Solapan 6 pasien, Bengkalis 21 pasien, Pinggir 8 pasien, Bukit Batu 6 pasien, Siak Kecil 1 pasien dan Rupat 1 pasien.

Melihat tingginya angka kasus penambahan pada tahun 2021 ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra, menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker bila keluar rumah dan ditempat umum, selalu menjaga jarak (physical distancing) dan sering mencuci tangan memakai sabun.

Tidak hanya itu, Ersan juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan, bila tidak ada keperluan mendesak agar tetap di rumah dan hindari keramaian, menjaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan istirahat yang cukup dan konsumsi vitamin yang cukup

“Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Tetap berdoa insyaallah kita akan melewati semua ini. Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT,” ungkapnya.

Baca juga: Bengkalis akan terapkan PPKM Mikro sesuai Zonasi, begini penjelasan Bupati Kasmarni

Baca juga: Lapangan bola, kebun dan kuburan hilang akibat abrasi di Bengkalis