Riau peringati May Day dengan vaksinasi COVID-19

id may day, may day riau, hari buruh,hari buruh sedunia

Riau peringati May Day dengan vaksinasi COVID-19

Gubernur Syamsuar saat memberikan sambutan dalam rangka May Day di Pekanbaru, 1 Mei 2021. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau memperingati Hari Buruh se-Dunia (May Day) dengan menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada sekitar 100 anggota serikat buruh.

Gubernur Riau Syamsuar juga menghadiri peringatan Hari Buruh se-Dunia yang dilaksanakan di Lapangan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) provinsi setempat.

"Selamat memperingati Hari Buruh se-Dunia, semoga kita semua sehat selalu," kata Syamsuar di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi anggota serikat buruh di Pekanbaru, Sabtu.

Peringatan Hari Buruh tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya diwarnai dengan aksi buruh turun ke jalan.

Pada tahun ini, peringatan Hari Buruh di Bumi Melayu Riau justru digelar dengan memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak serikat pekerja dan serikat buruh yang berprestasi, memberikan bantuan anak yatim piatu ke Panti Asuhan Fatayat NU, serta menggelar vaksinasi COVID-19.

Meski diprioritaskan untuk para pekerja dan buruh, vaksinasi COVID-19 juga diberikan kepada warga berusia lanjut.

Atas beberapa program positif tersebut, Gubernur Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada serikat pekerja yang telah menggelar kegiatan luar biasa itu karena sangat bermanfaat.

Syamsuar juga mengajak dalam kegiatan ini harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, sebab hingga saat ini wabah COVID-19 di Riau belum juga berakhir.

Untuk itu, sebagai langkah memutus penyebarannya, Syamsuar berharap kepada buruh dan masyarakat luas tetap taat memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau H Jonli juga memberikan apresiasi karena aksi yang digelar serikat buruh dan serikat pekerja dinilai luar biasa dan lain dari biasanya.

"Kami Pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi kegiatan Hari Buruh 1 Mei ini, apalagi juga melakukan vaksinasi COVID-19 untuk pengurus serikat pekerja dan serikat buruh lebih kurang 100 orang," ujarnya.

Sedangkan Korwil Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Provinsi Riau Juandy Hutauruk mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau atas dukungan yang diberikan.

"Kegiatan hari ini bisa terlaksana karena adanya dorongan dan atensi kuat dari pemerintah," katanya.

Baca juga: COVID-19 pada April jadi kasus bulanan terburuk di Riau

Baca juga: Pemprov Riau ajak ulama duduk bersama atur Salat Id saat pandemi