Riau sudah bangun jalan 25,93 km sepanjang 2020

id Pemrov Riau,Jalan riau, jalan, jalan rusak

Riau sudah bangun jalan 25,93 km sepanjang 2020

Sejumlah truk pengangkut sawit melintas di jalan provinsi Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau, Selasa (16/2/2021). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemeirntah Provinsi Riau sepanjang tahun 2020 telah membangun sepanjang 25,93 kilometer jalan sebagai upaya untuk mendukung peningkatan sarana dan prasarana yang menjadi penopang atau urat nadi perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Pembangunan jalan terus diupayakan karena sebagai infrastruktur. Jalan adalah salah satu prioritas pembangunan Provinsi Riau yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2019-2024," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Jumat.

Pemerintah Provinsi Riau akan selalu berupaya mendorong percepatan pembangunan infrastruktur khususnya sarana, prasarana umum seperti jalan, jembatan, dan sarana lain yang rusak.

Untuk sejumlah sarana dan prasarana yang rusak, katanya, akan dilakukan penanganan secara bertahap dan sesuai skala prioritas.

"Kita akan terus melakukan pembangunan dan perbaikan, namun tentunya harus secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemprov Riau dan menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan," katanya.

SKB Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan yaitu berisikan tentang percepatan penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020 dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Selain itu ia merinci, sepanjang 2020 Pemprov Riau telah membangun preservasi jalan sepanjang 25,1 Kilometer dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 705 Kilometer lebih, selain itu pembangunan jembatan baru sebanyak lima unit, preservasi jembatan sebanyak lima unit dan pemeliharaan rutin sebanyak 108 unit.

"Dengan kinerja tersebut persentase kemantapan jalan Provinsi Riau berada pada 63,9 persen melampaui target 2020 sebesar 62,23 persen," katanya.

Baca juga: Potensi pendapatan Rp36 miliar, Pemko Pekanbaru akan lelang pengelolaan parkir tepi jalan

Baca juga: Banyak jalan rusak, Waka DPRD Inhu minta perusahaan punya jalan operasional sendiri