Wabup Bengkalis minta masyarakat manfaatkan lahan tidur

id pemkab bengkalis,panen semangka, bengkalis

Wabup Bengkalis minta masyarakat manfaatkan lahan tidur

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso melakukan panen buah semangka di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Pematang Duku Kecamatan Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada di setiap desa agar lebih bernilai secara ekonomis.

"Sebenarnyabanyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan perkebunan, salah satunya buah semangka, dan itu sangat positif," ujar Bagus dalam acara panen buah semangka di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Pematang Duku Kecamatan Bengkalis, Senin (29/3).

Bagus mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung dengan dilaksanakan acara audiensi dan panen semangka sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Ke depan akan kita laksanakan perekrutan satu Desa satu Penyuluh lapangan yang nantinya akan dilaksanakan perekrutan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)," kata Bagus.

Bagus mengatakan Dinas PMD akan bekerja sama dan berkolaborasi bersama Balai Penyuluh Pertanian sehingga perekrutan penyuluh dapat berjalan dengan maksimal.

"Untuk penganggaran kita akan menggunakan dana desa yakni satu Desa Rp1 miliar tersebut, sehingga penyuluh pertanian dapat bekerja dengan maksimal tanpa harus memikirkan gaji," ujar Bagus.

Selanjutnya Bagus juga menambahkan keberadaan penyuluh lapangan nanti nya dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur.

"Kami harapkan juga nanti satu desa dapat menonjolkan usaha perkebunannya, minimal satu desa dapat menciptakan ciri khas baru, seperti, kangkung, cabe, timun dan lainnya," jelas nya lagi.

Baca juga: Untuk cadangan pangan saat COVID-19, Petani Siak tanam semangka tumpang sari

Baca juga: Plh Bupati panen raya semangka Inul di Desa Penebal

Baca juga: Bupati Rohil panen perdana melon dan semangka