Penerimaan Mahasiswa Baru Harus Adil

id penerimaan mahasiswa, baru harus adil

Pekanbaru, (antarariau) - Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau menyarankan agar sistem rekrutmen para siswa baru harus memenuhi prinsip keadilan yang tidak merugikan atau memberatkan masyarakat khususnya kalangan tidak mampu.

"Kami juga berharap Dinas Pendidikan setempat dapat mengawasi secara ketat proses penerimaan siswa baru untuk tahun ini," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Fadri AR dalam perbincangan selularnya di Pekanbaru, Kamis.

Selain mengawasinya dengan ketat, demikian Fadri, sebaiknya dan seharusnya sistem rekrutmen siswa memenuhi prinsip keadilan dan bebas dari praktik kecurangan demi memperkaya diri oknum pendidik di suatu sekolah tertentu.

Kemudian, kata dia, sebaiknya juga pengkategorian kelompok penerimaan siswa dari berbagai jalur jangan sampai dijadikan sebagai pintu masuk penyimpangan yang selama ini justru menjadi realitas nyata.

"Yang jelas dan intinya adalah, harus ada prisip yang jelas dalam perekrutan siswa dan siswi baru. Sekolah-sekolah yang didapati mencari keuntungan, sebaiknya diberikan sanksi tegas," katanya.

Nah, demikian Fadri, dalam hal ini, hampir seluruhnya merupakan kewenangan Dinas Pendidikan, jangan sampai praktik kecurangan seperti itu merajalela.

"Dinas Pendidikan juga harus memperjelas aturan dalam perekrutan siswa baru oleh tiap-tiap sekolah termasuk terkait sanksi tegas apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum," katanya.

Sebenarnya juga, kata dia, ada kiat jitu untuk menghindari hal-hal yang berpotensi mendatangkan kerugian bagi para wali calon murid, yakni dengan membuka pendaftaran penerimaan siswa baru lewat media online.

Dengan cara demikian, katanya, maka potensi kecurangan dengan sendirinya akan terminimalisir sehingga masyarakat tidak lagi menerima beban yang diluar kewajaran.

"Pihak sekolah, juga sebaiknya tidak membebani biaya pembangunan sekolah yang berlebihan terhadap calon siswanya. Ini adalah realitas nyata yang selama ini terjadi dibanyak sekolah di Pekanbaru, baik swasta maupun sekolah negeri," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Yuzarmi Yakub menyatakan Pendaftaran Siswa Baru (PSB) untuk tingkat SMP dan SMA akan dimulai pada 25-28 Juni 2012 mendatang.

"Penerimaan sistem online ini bisa dilakukan dimana saja, dan gratis. Sementara persyaratannya masih sama seperti tahun lalu, dimana siswa bisa memilih tiga pilihan sekolahan sekaligus. Namun kembali penentuan sekolah favorit, tergantung pada nilai Ujian Nasionla (UN) siswa," katanya.