Unri sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke sekolah-sekolah

id Unri, kabarunri, anaktk

Unri sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke sekolah-sekolah

Mahasiswa UNRI. (ANTARA/dok BEM Unri)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Riau (UNRI) akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat menengah atas di Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Riau dalam rangka sosialisasi Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Riau Tahun Ajaran 2024/2025.

Sosialisasi itu akan dilaksanakan pada tanggal 22-30 Januari 2024 fan ditujukan kepada Kepala Sekolah, Guru, serta Siswa yang ada di Sekolah Menengah Atas yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra yang diwakili oleh Staf Pendamping

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Rahman Karnila SPi MSi, saat pembekalan Sosialisasi PMB menyebutkan bahwa, informasi penerimaan mahasiswa baru ini perlu disampaikan juga kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah.

"Pada tahun ini, ada beberapa perubahan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNRI. Maka dari itu, UNRI akan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah pada kabupaten/kota di Provinsi Riau, sehingga kepala sekolah dan guru di sekolah bisa terkait skema baru dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ke siswa-siswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di UNRI", jelas Rahman.

Perubahan skema penerimaan mahasiswa baru di antaranya, pada jalur mandiri PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) dan PBM (Penelusuran Bakat dan Minat) sebelumnya menggunakan nilai rapor, mulai tahun 2024 ini UNRI menggunakan Ujian Tulis berbasis

Komputer (UTBK).

Selain jalur mandiri, perubahan-perubahan ketentuan juga terjadi pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Salah satu perubahan di SNPMB 2024, ialah peserta yang sudah diterima di jalur prestasi, tak boleh daftar pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Yang sudah diterima jalur SNBT, tak boleh lagi mendaftar di jalur mandiri.

"Skema-skema baru seperti ini perlu kita sampaikan ke sekolah-sekolah agar siswa-siswa di daerah juga bisa memperoleh informasi yang jelas dan akurat, sehingga informasi resmi penerimaan mahasiswa baru ini tersosialisasikan dengan baik kepada calon-calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri khususnya di UNRI," harapnya.

.