UNRI umumkan pembukaan akun untuk SNPMB 2024

id Unri,SNPMB 2024,penerimaan mahasiswa baru

UNRI umumkan pembukaan akun untuk SNPMB 2024

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri) Dr Mexsasai Indra saat memaparkan pengumuman pembukaan akun bagi siswa untuk SNPMB 2024. (ANTARA/HO-Humas Unri)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) mengumumkan pembukaan akun bagi siswa untuk registrasi atau pendaftaran seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) tahun 2024.

"Registrasi atau pendaftaran akun bagi sekolah dan siswa merupakan tahap awal dalam proses SNPMB," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri) Dr Mexsasai Indra dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, bagi peserta yang akan mengikuti SNPMB baik seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) atau seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), maka akun SNPMB menjadi salah satu item krusial yang wajib dimiliki oleh sekolah, siswa dan siswa lulusan tahun 2023 dan 2024 yang hendak mengikuti tahapan seleksi di tahun 2024.

Pendaftaran akun SNPMB 2024 dimulai pada Senin (8/1) dan tahapan ini wajib dilakukan untuk sekolah maupun siswa.

"’Bagi sekolah tahap registrasi akun dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024. Sedangkan untuk siswa tahap registrasi akun akan dibuka mulai 8 Januari dan ditutup pada 15 Februari 2024," ucap Mexsasai.

Oleh karena itu, katanya, peserta SNPMB untuk tidak melewatkan tahapan ini karena seluruh peserta SNPMB 2024 baik SNBP atau SNBT, wajib memiliki akun yang sudah disimpan secara permanen.

Ia mengatakan akun ini menjadi kunci awal bagi calon mahasiswa untuk dapat mengikuti tahap seleksi secara keseluruhan. Jadi, pastikan sekolah dan calon mahasiswa telah membuat, mengisi dan menyimpan permanen seluruh data yang dibutuhkan.

"Sedangkan SNBP merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri khusus bagi siswa lulusan tahun 2024 yang memiliki prestasi di bidang akademik dan nonakademik. Pada jalur seleksi ini, prestasi siswa akan dijadikan acuan untuk menentukan hasil yang didapat," katanya.

"Jadwal SNBP 2024 menjadi informasi penting bagi calon mahasiswa yang ingin lolos melalui jalur prestasi. Untuk itu, mari persiapkan diri dengan mencatat jadwal penting jalur seleksi ini," ujarnya.

Berikut link pendaftaran akun SNPMB 2024 sebagai berikut: https://regsnpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Cara mendaftar akun SNPMB 2024, yakni masuk ke portal SNPMB https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan SNPMB dan pilih menu pendaftaran. Lengkapi biodata, unggah pasfoto berwarna terbaru, verifikasi biodata, unduh dan unggah pernyataan tunanetra atau hambatan visual. Pilih prodi dan unggah portofolio untuk pemilih prodi seni dan/atau olahraga.

Pilih pusat UTBK, lalu akan memperoleh slip pembayaran UTBK untuk peserta non KIP kuliah. Lakukan pembayaran UTBK SNBT 2024, masuk ke Portal SNPMB dan pilih menu pendaftaran UTBK SNBT untuk unduh kartu peserta UTBK SNBT.

Syarat Peserta SNBT 2024, wajib memiliki akun SNPMB, WNI yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK), siswa SMA/SMK/MA kelas 12 atau jenjang terakhir pada 2024, peserta didik paket C tahun 2024 dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024.

Lulusan paket C tahun 2022 dan 2023 dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024. Lulusan SMA/SMK/MA /sederajat tahun 2022 dan 2023.

Lulusan SMA/sederajat dari luar negeri harus mempunyai ijazah yang sudah disetarakan. Peserta yang memilih prodi seni dan olahraga harus mengunggah portofolio. Mempunyai kesehatan memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran studi.

Peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah surat pernyataan tunanetra dan membayar biaya UTBK.

Siswa yang belum memiliki ijazah pada poin 3 dan 4 harus membawa surat keterangan siswa kelas 12, sekurang-kurangnya dilengkapi dengan identitas yang mencakup nama, kelas, NISN, dan NPSN. Pasfoto terbaru berwarna, tanda tangan kepala sekolah/madrasah, stempel/cap sekolah.