Vaksinasi COVID-19 massal di Pekanbaru lancar

id vaksinasi covid,vaksinasi covid tahap kedua,gubernur riau,covid riau

Vaksinasi COVID-19 massal di Pekanbaru lancar

Seorang wartawan mendapatkan suntikan vaksin CoronaVac saat mengikuti vaksinasi massal di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Senin (1/3/2021). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi massal di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Senin (1/3) yang merupakan awal dari pemberian vaksintahap kedua di Provinsi Riau berlangsung dengan lancar.

"Kita sangat apresiasi tingginya minat dari tokoh masyarakat dan petugas publik. Mudah-mudahan juga dapat mensukseskan pelaksanaan vaksin COVID-19 di Provinsi Riau ini," kata Gubernur Riau, Syamsuar di Pekanbaru.

Ribuan masyarakat Riau khususnya dari kalangan petugas publik dari TNI dan Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau, pegawai BUMN dan wartawan, mengikuti vaksinasi tahap kedua. Mereka mendapat suntikan dosis pertama vaksin CoronaVac, sedangkan suntikan dosis kedua dijadwalkan pada 15 Maret mendatang.

Pada pelaksanaan vaksinasi massal tersebut melibatkan vaksinator dan tenaga kesehatan dari seluruh rumah sakit di Kota Pekanbaru.

Syamsuar mengatakan vaksinasi tahap kedua ini ada 2.000 orang yang menjadi sasaran yang sudah terdaftar dari petugas publik. "Termasuk bagi lansia juga mulai divaksin hari ini fasilitas kesehatan," katanya.

Ia mengatakan pedagang pasar juga akan diberikan vaksinasi secara bertahap pada pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua ini.

"Untuk lansia dan pedagang pasar kita sudah siapkan 1.500 dosis vaksin lebih, sekarang ini ada sekitar 2.000 orang. Nanti kita harapkan ada tambahan karena target awalnya ada sekitar 46.000. Kita harapkan partisipasi seluruh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan antusias masyarakat Riau cukup tinggi untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini. Jumlah pendaftar ada 2.000 orang, baik itu ada yang terdata langsung maupun yang mendaftar secara manual di Gelanggang Remaja Pekanbaru.

"Target kita itu 2.000, karena yang terdaftar ada sebanyak 1.900 orang, belum lagi yang mendaftar secara mendadak," ujarnya.

Ia mengatakan 2.000 orang yang telah mendapatkan vaksinasi pada hari ini akan kembali diberi vaksin dosis kedua pada tanggal 15 Maret nanti, atau 14 hari ke depan. Pemberian vaksin dosis kedua akan dilakukan di rumah sakit, sesuai dengan vaksinator yang melakukan penyuntikan.

"Pemberian vaksin inikan dikelompokkan. Misalnya pada tahap awal ini, yang memberikan vaksinnya tenaga medis dari Rumah Sakit Petala Bumi. Selanjutnya, tahap kedua pemberian vaksin di rumah sakit yang memvaksinnya itu," kata Mimi.

Baca juga: Jangan langsung lakukan pemeriksaan payudara setelah divaksin COVID-19, ini alasannya

Baca juga: Sebanyak 3.860 nakes Pekanbaru tunda vaksin karena miliki komorbid